Hai, kali ini saya ingin sharing pengalaman pribadi, sebagai ibu dari dua orang anak. Semakin bertambahnya anggota keluarga di dalam rumah (bertambah anak), tentu jadi tantangan baru bagi seorang ibu.

Ketika ada sang adik lahir, seorang ibu tak hanya mempersiapkan anak pertama nya untuk menjadi seorang kakak, tapi ia juga harus mempersiapkan mentalnya untuk menjadi seorang ibu dengan dua anak. Ia perlu sadar dan paham betul, bahwa waktu untuk dirinya akan semakin berkurang untuk fokus memenuhi kebutuhan kedua buah hati, hingga mereka mampu mandiri sesuai usianya.



Source: google.


Sadar akan keterbatasan waktu, ibu perlu memahami dirinya sendiri. Paling tidak, ia bisa paham apa saja hal-hal yang biasanya mudah membuatnya marah dan di waktu kapan saja setiap harinya ia mulai merasa lelah. Dengan tau dua hal poin ini, bisa membantu ibu untuk melewati harinya dengan lebih mudah, karena dapat meminimalisir hal apa saja yang membuat kita marah dan lelah.

Selain itu, belajar manajemen waktu, menetapkan prioritas atau goals harian, dan menjaga hubungan harmonis dengan pasangan serta keluarga lainnya, adalah beberapa faktor yang mempengaruhi emosi kita sehari-hari.



Source: google.


Emosi tidak dapat kita hindari, namun dapat kita kelola dengan baik. Karena anak-anak pun akan belajar mengelola emosinya pertama kali dari ibunya 😊

​​​​​​
With love,


Elvira Chaerunnisa 💞