Persalinan bukanlah sebuah proses satu hari, melainkan proses panjang yang dilengkapi dengan serangkaian persiapan pada saat-saat sebelumnya. Persiapan persalinan tidak hanya dapat dilakukan pada satu minggu menjelang hari perkiraan lahir. Kamu dan pasangan perlu mulai mempersiapkan segala kebutuhannya sejak 2 hingga 3 bulan terakhir. Mulai dari mencari lokasi persalinan terbaik, menentukan metode persalinan yang diinginkan, hingga mencatat dan melengkapi semua kebutuhan persalinan. Hal itu tentu membutuhkan peran aktif pasangan dalam mempersiapkan persalinan agar berjalan yang lancar.
 

source: https://www.modernmom.com/


 


Sebelum Persalinan

Saat mempersiapkan persalinan, banyak sekali hal-hal yang perlu dilakukan oleh seorang suami dalam membantu istrinya. Hal ini disebabkan semakin tua kandungan, wanita akan menjadi semakin lemah dan mudah kelelahan dalam beraktivitas. Nah, berikut ini adalah beberapa persiapan persalinan yang harus suami persiapkan pada bulan-bulan menjelang persalinan :

1. Menyiapkan Perlengkapan Persalinan
Saat persalinan dilakukan di rumah sakit, banyak perlengkapan yang harus dibawa sendiri dari rumah, seperti misalnya baju ganti ibu, baju bayi, alat mandi, popok, makanan ringan, dokumen-dokumen penting, dan lain-lain. Suami dapat membantu istri menyiapkan perlengkapan tersebut dari jauh jauh hari sebelum melahirkan agar saat harinya tiba sudah siap untuk dibawa.

2. Menemani Istri Saat Kontraksi Terjadi 
Beberapa hari sebelum melahirkan biasanya akan muncul tanda-tanda melahirkan, seperti kontraksi, pinggang nyeri, mules, dan lain sebagainya. Pada saat itu, istri sangat membutuhkan kehadiran suami, apalagi saat tanda-tanda itu muncul. Suami dapat membantu mengurangi rasa sakit dengan memijat, memberikan air hangat pada pinggang yang nyeri, setia menemani dan mengambilkan kebutuhan istri. 

3. Siaga Mengantar ke Rumah Sakit
Saat menjelang hari kelahiran, suami harus semakin waspada dan siaga jika istri mengalami kontraksi hebat dan harus segera di bawa ke rumah sakit atau bidan. Pastikan segala kebutuhan sudah ditempatkan pada satu lokasi yang mudah dijangkau sehingga tidak menyulitkan saat kamu terburu-buru. 
 

source: https://www.livestrong.com/


 

baca juga


Saat Melahirkan

Saat melahirkan, suami harus mengusahakan untuk terus berada di samping istri agar dapat memberkan dukungan secara moral kepada istri. Tidak hanya itu, dengan menyaksikan langsung perjuangan istri dalam melahirkan, para suami akan menjadi semakin memaknai arti dan menambah keharmonisan keluarga. Tapi ingat, pada proses ini suami sebaiknya tetap tenang dan memberikan energi positif kepada istri. Jangan tunjukan rasa cemas atau takut kepada istri. Tetaplah berada di sampingnya sampai proses selesai sambil terus memberi semangat.
 

source: http://www.dailymail.co.uk/


Nah, itulah beberapa hal penting yang harus kamu lakukan saat mendampingi istri menanti dan menjalani proses persalinan. Ingat, kehamilan dan persalinan adalah proses yang dijalani bersama, baik itu oleh istri maupun suami.