Hola Moms!
Beberapa bulan terakhir di tahun 2017 kita dikejutkan dengan berita kalau penyakit difteri mewabah lagi. :(


Tembak-tembakin antivax. (source: giphy.com)

Huwaaa.. sebel banget denger beritanya karena semua bermula dari pasien yang antivax. Semenjak dari situ saya jadi parno, nggak berani bawa anak ke tempat umum sebelum dia booster vaksin dulu. Padahal sih anak saya sudah lengkap vaksin DTPnya.

Terus akhirnya, sebelum tahun baru menyempatkan diri lah untuk vaksin anak ke Markas Sehat, ketemu sama dr. Arifianto atau yang biasa dipanggil dokter Apin. Ini pertama kalinya kami ketemu beliau, karena biasanya kalau ke Markas Sehat selalu dengan dokter Endah atau dokter Anto.
Singkat cerita, dokter Apin memeriksa secara lengkap riwayat vaksin anak saya dan terjadilah percakapan sebagai berikut:

Dokter Apin: "Vaksin anak ibu udah lengkap kok, sebenarnya nggak perlu diberikan tambahan vaksin lagi, tapi memang lebih baik kalau dikasih lagi ya mengingat difteri ini sedang mewabah. Jadi gimana bu, tetap mau dikasih atau nggak?"

Saya: "Kasih aja dok, biar saya tenang kalo anaknya udah dapat booster"

Dokter Apin: "Oke kalau gitu. Tapi ini bukan booster, Bu. Soalnya anak ibu sudah lengkap riwayat vaksinnya, booster itu kalau misalnya jatah vaksin si anak belum lengkap. Kalau sudah lengkap tapi diberikan vaksin lagi, namanya ekstra vaksin atau tambahan."

Terus saya tercengang sejenak karena baru tau bedanya antara booster vaksin sama vaksin ekstra. Hahaha. *kemana aja bu?*
 
kini ku mengerti. (source: giphy.com)

Pasca vaksin anak saya mengalami lagi demam dan pegal pada bagian yang disuntik, untungnya cuma beberapa hari. Setelah itu jadi lumayan berani ajak dia main lagi ke tempat yang ramai. Sayangnya, setelah jalan-jalan dari tempat ramail, besoknya dia sumeng dan meler. Duh, sempet parno lagi sih soalnya flu dan pilek kan gejalanya mirip-mirip ya sama difteri, tadinya udah mau langsung bawa ke dokter cuma pak suami berhasil menenangkan untuk diobservasi lagi. Sampai tulisan ini dimuat, anaknya masih pilek dan baru turun demamnya, semoga sih nothing serious ya, aamiin!

Kalo Moms sendiri gimana? Udah vaksin difteri belum sekeluarga? Yuk kita ikhtiar menjaga kesehatan dengan pemberian vaksin. Semoga tidak ada lagi penyakit berbahaya yang kembali mewabah. Aamiin.


source: publichealthwatch.files.wordpress.com