Holaa Mommies,

Saat ini banyak sekali para orang tua yang sangat mudah cemas saat anak-anak mereka di usianya yang sudah menginjak 2 tahun - 2,5 tahun masih belum bisa berbicara sama sekali atau sudah bisa bicara namun hanya beberapa kata saja yang di ungkapkan. Salah satunya saya juga kok moms, awalnya cemas saat Arthur yang sudah mau menginjak usia 2 tahun tapi masih belum banyak mengeluarkan kosakata yang  banyak atau membuat suatu kalimat pendek. Tapi dengan penjelasan dari Dsanya dan juga banyak pengetahuan tambahan dari internet juga buku jadi membuat saya bernafas lega.



Mengapa? Karena anak yang berbicara terlambat itu adalah hal yang biasa dan bukan suatu kelainan kok moms. Jadi sebenarnya tidak masalah jika anak kita di usia yang sudah menginjak 2 tahun masih sedikit kosakatanya dibanding semestinya. Dan jangan lihat anak-anak lain yang sudah seumuran itu sudah mahir berbicara. Waktu saya sedang menemani Arthur bermain di playground ada anak yang seumuran Arthur sudah mahir berbicara jauh sih kalo di bandingin Arthur hehe, awalnya mikir kok pintar sekali ya sudah bicara dengan baik dan tidak terbata-bata.Tapi saya ingat lagi, jangan pernah membanding-bandingkan anak kita dengan anak lain. Karena mereka memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan tidak bisa dijadikan tolak ukur pertumbuhan anak.



Nah kita sebagai Ibu harusnya lebih dapat tanggap dan memperhatikan ketika anak kita mengalami keterlambatan bicara. Seperti memperhatikan hal-hal berikut:

Konsultasi dengan dokter/psikolog/psikiater
Dengan berkonsultasi dengan para spesialis ini bisa memberikan kita banyak sekali keterangan juga informasi seputar keterlambatan bicara anak kita. Sehingga kita dapat mengetahui langhkah apa selanjutnya yang harus dilakukan atau bagaimana cara menstimulasi anak agar lebih lancar berbicara

Selalu menstimulasi dengan mengajak anak berkomunikasi
Jangan pernah bosan mengajak anak kita berkomunikasi bisa dengan mengobrol, tanya jawab,bernyanyi ataupun membacakan buku sambil menjelaskan gambar yang ada di dalam buku. Agar anak mampu menyerap kosakata yang kita bicarakan sehingga dapat menambah pengetahuan kosakatanya.

Jangan biarkan anak terlalu lama menonton tv
Terlalu lama membiarkan anak kita menonton tv dapat membuatnya menjadi pasif. Sehingga anak terlalu nyaman menonton dan tidak menghiraukan lingkungan sekitar. Alangkah lebih baiknya anak menonton sambil ditemani oleh orangtua sehingga orangtua juga dapat ikut serta menjelaskan apa yang ada di tv untuk menciptakan komunikasi.

Mengajarkan kata kepada anak dengan kata-kata yang jelas
Hal yang harus diperhatikan lainnya adalah mengajarkan kata pada anak dengan kata-kata yang jelas. Seperti: kucing bukan meong, makan bukan mam, minum bukan mimik dll. Ajarkanlah kata-kata yang jelas dan benar pada anak.

Nah itu dia yang moms yang harus kita perhatikan dan dapat membantu menstimulasi anak agar dapat berbicara dengan benar. Sekali lagi jangan pernah bandingkan kemampuan anak kita dengan anak lain ya moms. Dan jangan cemas dulu jika anak belum bisa berbicara tepat waktu.

Semoga bermanfaat dan see you on my next post :)