1. Variasikan Menu Makanan Yang Menarik

Hal pertama yang dapat kamu lakukan untuk membuat anak tertarik untuk mencicipi sayuran adalah dengan membuat menu makanan dengan bahan dasar sayur yang menarik. Anak-anak pada dasarnya sangat menyukai sesuatu yang memiliki bentuk dan warna yang menarik. Mommy dapat menyiasati menu makanan dengan potongan bentuk unik atau kombinasi warna sayur sayuraan yang beragam agar dapat terlihat lucu dan dapat menarik perhatian anak.
 

source: https://www.pinterest.com/


 


2. Ajak Anak Terlihat

Anak-anak akan menjadi semakin tertarik pada apa yang akan mereka makan jika mereka menjadi bagian dalam pembuatan makanan tersebut. Jadi, cobalah untuk mengajak anak menyiapkan menu makanan yang terdiri dari menu 4 sehat 5 sempurna bersama-sama.  Dengan begitu, anak akan lebih semangat dalam menghabiskan makanan yang mereka siapkan sendiri.
 

source: http://www.cookingwithtoddlers.org/


 

baca juga


3. Makan Sambil Bercerita

Cara lain yang bisa kamu coba adalah dengan membuat makan menjadi saat-saat menyenangkan, bukan menyeramkan karena dipaksa memakan sayur. Salah satunya adalah dengan menyuapi anak sambil memberikan cerita yang seru dan menyenangkan. Jadikan makanan sebagai tokoh-tokohnya. Dengan begitu anak lebih tertarik dalam mencoba makan makanan sehat.
 

source: http://www.eatrightontario.ca/


 


4. Berikan Apresiasi

Jika anak sudah mau mencoba makan sayuran, jangan lupa untuk memberikan apresiasi berupa pujian, senyuman, serta apresiasi lain berupa hadiah. Dengan begitu anak akan menjadi lebih senang saat harus makan makanan sehat terutama sayuran. Selain itu, sisipkan juga penjelasan ringan mengenai betapa pentingnya mengonsumsi sayuran saat ia masih kecil. Dengan begitu anak perlahan juga akan belajar untuk hidup sehat.
 

source: https://www.todaysparent.com/


Nah, itulah beberapa tips untuk membuat anak suka makan sayur. Selamat mencoba dan semoga berhasil, Moms!