Toliet training merupakan proses di mana anak belajar untuk buang air kecil (BAK) dam buang air besar (BAB) sendiri menggunakan toilet di kamar mandi. Proses belajar ini sangat penting bagi orang tua untuk dapat perlahan lepas dari penggunaan pampers dan membiasakan anak menggunakan toilet secara mandiri. 
 

source: http://pottytrainingdaze.com/


 


1. Perhatikan Kesiapan Anak

Melatih anak untuk buang air di toilet memerlukan kondisi terbaik dari si kecil itu sendiri. Dengan kata lain, toilet training pada anak sebaiknya dilakukan pada saat anak sudah siap fisik dan emosional. Siap secara fisik salah satunya terlihat dari ekspresi saat mereka sedang menahan BAK atau BAB. Sementara itu kesiapan emosional terlihat dengan adanya semangat anak untuk melakukan toilet training dan ekspresi ketertarikan saat orang tua memakai kamar mandi.
 

source: https://www.todaysparent.com/


 

baca juga


2. Jelaskan Pada Anak Tentang Fungsi Toilet

Jika kamu melihat si kecil sudah menunjukan tanda-tanda siap untuk toilet training, cobalah untuk memperkenalkan fungsi toilet pada anak. Kamu dapat menjelaskannya dengan penjelasan singkat dan ringan agar dapat dipahami dengan baik oleh si kecil. Katakan padanya bahwa buang air dilakukan di toilet seperti yang dilakukan oleh orang lain, termasuk kamu.
 

source: http://www.friendshipcircle.org/


 


3. Ajak Anak Buang Air Di Toilet

Jika sudah dijelaskan, cobalah untuk mulai membiasakan anak buang air kecil di toilet. Caranya adalah dengan mengajaknya untuk buang air di toilet setiap 1-2 jam sekali. Dengan begitu, anak akan dapat merasakan sendiri bagaimana proses buang air di toilet. Jika anak sudah familiar dengan proses buang air di toilet, jangan lupa untuk meminta anak memberitahumu saat ia ingin buang air.
 

source: http://www.chattanooga-charm.com/


 

baca juga


4. Lakukan Dengan Komitmen dan Sabar

Terakhir, komitmen dan kesabaran ibu dalam melatih anak sangat penting dalam membantu anak melakukan toilet training. Lakukan tahap pengenalan dan pembiasaan dengan konsisten dan jangan sampai terputus. Jangan lupa juga untuk memberikan apresiasi berupa senyuman dan pujian ketika anak sudah berhasil ke toilet sendiri.
 

source: https://www.pull-ups.com/


Nah, itulah beberapa tips untuk melatih anak menggunakan toilet untuk buang air. Selamat mencoba dan semoga berhasil, Mom!