Dalam beberapa kasus, melahirkan adalah sebuah proses yang tidak dapat diprediksi kapan waktu terjadinya. Meski pun saat ini sudah ada panduan Hari Perkiraan Lahir (HPL) yang dijadikan sebagai acuan waktu melahirkan, namun seringkali proses melahirkan melewati bahkan mendahului tanggal HPL itu sendiri. Nah, untuk menghindari proses melahirkan yang tak terduga kapan kedatangannya, jangan sampai anda pergi melahirkan tanpa membawa bekal apapun. Untuk itu lebih baik siapkan beberapa benda berikut sejak usia kandungan anda mencapai usia 8 bulan, agar ketika anda mulai merasakan kontraksi, anda bisa langsung pergi ke Rumah Sakit dengan penuh persiapan.

Kartu-Kartu Penting

Simpan kartu-kartu penting seperti kartu identitas, kartu berobat dan kartu asuransi dalam satu dompet yang sama. Hal ini akan memudahkan anda ketika harus berhadapan dengan proses administrasi rumah sakit yang panjang dan rumit.

Kacamata

Khusus bagi anda yang memiliki gangguan penglihatan, benda ini sangat penting untuk dibawa saat akan menuju Rumah Sakit untuk melahirkan. Anda tentu tak mau repot memasang contact lense ketika sedang mengalami kontraksi bukan?

Peralatan Mandi

Meskipun pihak Rumah Sakit, pasti sudah menyediakan alat mandi untuk para pasiennya. Tidak ada salahnya anda membawa peralatan mandi sendiri. Handuk, sepasang sandal dan alat-alat mandi adalah hal wajib yang anda simpan dalam tas anda sebelum pergi ke rumah sakit untuk melahirkan.

Bra Menyusui

Memberikan Inisiasi Menyusui Dini atau IMD adalah hal yang krusial bagi seoran Ibu dan anaknya yang baru lahir, pastikan anda menyiapkan bra menyusui yang tepat agar proses menyusui bayi dapat dilakukan dengan nyaman.

Pembalut Nifas

Seperti kita ketahui bersama, melahirkan akan membuat tubuh anda mengeluarkan banyak darah. Untuk itu siapkan pembalut nifas dalam jumlah banyak untuk mengantisipasi hal tersebut.

Baju Pulang

Anda tentu tidak mau berlama-lama tinggal di rumah sakit dan ingin segera pulang ke rumah dengan bayi anda. Jangan lupa siapkan baju terbaik anda untuk menyambut kepulangan anda bersama si bayi yang baru lahir.


Artikel disadur dari sini