Kandungan Zat Gizi Pada Beras Merah

Dalam 1 cangkir beras merah terkandung 216 kalori, 2 gram lemak, 0 gram kolestrerol, dan 4 gram serat pangan (dalam beras putih hanya mengandung 1 gram serat). Selain itu beras merah juga mengandung :
 

  • Mangan, memenuhi 88 % kecukupan harian. Mangan berfungsi untuk membantu produksi energi dari protein dan karbohidrat, membantu asam lemak yang dibutuhkan oleh sistem syaraf tubuh dan kolesterol baik
  • Magnesium (baik untuk tulang)
  • Protein
  • Zat besi
  • Vitamin B kompleks 
  • Vitamin A
  • Memiliki Indeks glikemik rendah, sehingga bagus untuk diet dan penderita diabetes. 
source: https://www.bananivista.com/wp-content/uploads/2017/08/RR-Featured.jpg

Manfaat Beras Merah untuk Bayi dan Anak

Berikut manfaat beras merah untuk tumbuh kembang si kecil, simak yuk moms :
  1. Beras merah mengandung vitamin B1 (tiamin), B6 dan B 12 dengan kadar tinggi. Tiamin berfungsin untuk membentuk jaringan syaraf dan antung bayi. Sedangkan kandungan vitamin B6 mencapai 23 persen dari kebutuhan harian sangat dibutuhkan untuk membantu kerja organ tubuh. Vitamin B kompleks memacu terbentuknya energi di dalam tubuh sel bayi. 
  2. Beras merah kaya serat untuk mencegah obesitas dan kesehatan pencernaan. Kandungan serat beras merah lebih banyak dibandingkan dengan beras lainnya, hal ini membuat beras merah dipilih sebagai alternatif menu diet. Kandungan serat yang tinggi sangat bermanfaat unttuk sistem pencernaan bayi. Pada masa MPASI, terutama MPASI awal, pengenalan makanan padat membuat bayi kesulitan untuk buang air besar. Serat pada beras merah membantu mengatasi kesulitan BAB. 
  3. Beras merah baik untuk pertumbuhan tulang, gigi, dan otot bayi. Kandungan magnesium yang tinggi pada beras merah sangat baik untuk membantu pertumbuhan tulang dan gigi bayi. Kekurangan magnesium dapat membuat tulang cepat keropos di kemudian hari.
  4. Antioksidan dan antiradikal bebas. Beras merah merupakan sumber zat besi dan mangan. Selain berfungsi membentuk energgi dalam tubuh, mangan berfungsi menghasilkan enzim yang mengandung antioksidan. Antioksidan berfungsi melindungi tubuh dari radikal bebas. Selain itu, beras merah kaya akan seng, mineral yang bisa membantu mempercepat penyembuhan luka dan menjaga mekanisme pertahanan tubuh agar berfungsi efektif. Sama seperti zat besi atau mangan, seng juga mengandung anti oksidan yang melindungi tubuh dari radikal bebas yang dapat merusak jaringan dan sel di dalam tubuh.
  5. Memperbaiki Pola tidur Bayi. Kesehatan bayi sangat didukung pola tidur bayi. Bayi dengan pola tidur teratur, memiliki tubuh lebih sehat. Dengan mengonsumsi bubur beras merah, maka bayi akan memiliki pola tidur yang teratur. Itu karena pati yang terkandung dalam beras merah bisa meningkatkan serotonin di jaringan otak bayi, dimana serotonin berperan dalam mengatur tingkat kantuk, sehingga pola tidur bayi bisa lebih teratur. Selain itu kadar gula dalam beras merah lebih stabil sehingga si kecil tidak mudah lapar. Hal ini sangat berpengaruh pada malam tidur bayi, dengan kadar gula yang stabil di tubuh bayi, bayinya akan terbebas dari bangun tidur pada malam hari karena kelaparan.


Nah gimana Moms setelah mengetahui manfaat beras merah di atas? Sebagai Moms yang bijak dan peduli pada kesehatan bayi, tentu akan memilih makanan sehat kaya nutrisi untuk bayinya. Karena itu mengonsumsi nasi merah menjadi salah satu cara untuk membuat si kecil lebih sehat dan tumbuh kembang secara optimal. Kamu bisa membuat bubur beras merah untuk bayi mu, yuk mulai cari resepnya Moms.
source: https://i.ytimg.com/vi/ZIMZyCT-BKY/maxresdefault.jpg