1. Daun Katuk

Tumbuhan berdaun hijau ini sudah terkenal memiliki khasiat sebagai pelancar ASI. Maka tak heran, para ibu banyak yang mengkonsumsi daun katuk sebagai asupan makanan setelah persalinan. Apalagi tujuannya kalau bukan sebagai booster ASI alami? Penelitian yang menguji khasiat daun katuk sebagai pelancar ASI pernah dilakukan di Singapura terhadap sekelompok tikus membuktikan bahwa daun katuk dapat meningkatkan kadar hormon prolaktin dan oksitosin yang berfungsi meningkatkan produksi ASI. Daun katuk dapat diolah menjadi sayur bening, dicampur santan, atau ditumis dengan dicampur dengan sayuran lain.

source: http://kitabmasak.com/sayur-bening-daun-katuk/

2. Daun Bangun-bangun/Torbangun

Satu lagi dedaunan yang dipercaya bisa bermanfaat sebagai pelancar ASI adalah daun torbangun atau bangun-bangun. Tumbuhan beraroma khas ini mirip dengan daun katuk dalam hal manfaatnya bagi ibu menyusui, yakni dipercaya dapat meningkatkan kadar hormon prolaktin yang mampu meningkatkan produksi ASI. Beberapa olahan daun bangun-bangun antara lain dimasak sup atau dicampur santan.

source: http://vidyaipied.blogspot.co.id/2014/12/review-booster-asi-daun-bangun-bangun.html
baca juga

3. Oatmeal

Secara khusus, memang belum ada penelitian yang membuktikan bahwa konsumsi oatmeal secara signifikan akan meningkatkan produksi ASI. Namun makanan yang biasa dijadikan sebagai menu sarapan ini kaya akan zat besi yang cukup berpengaruh terhadap produksi ASI. Seorang ibu yang kekurangan zat besi biasanya akan mengalami penurunan produksi ASI, sehingga bisa dikatakan untuk memperbanyak ASI bisa dilakukan dengan mengkonsumsi makanan yang banyak menangdung zat besi, seperti oatmeal ini. Oatmeal bisa diolah menjadi sereal, cookies, atau smoothie yang lezat untuk ibu menyusui.

source: https://www.chowhound.com/recipes/slow-cooker-steel-cut-oatmeal-30656

4. Fenugreek

Tumbuhan herbal yang berasal dari Amerika Serikat ini memang populer sebagai salah satu booster ASI alami. Tidak heran jika ekstrak fenugreek sering ditambahkan pada kapsul-kapsul pelancar ASI yang diresepkan dokter. Meski dapat meningkatkan produksi ASI secara signifikan, beberapa ibu mengeluh mengalami nyeri perut, mual, diare, dan alergi kulit pasca mengkonsumsi herbal ini. Oleh karena itu, penggunaan fenugreek diatur ketat oleh badan kesehatan.

source: https://www.rareseeds.com/fenugreek/
baca juga

Nah, itulah Moms, 4 makanan dan minuman yang dipercaya berkhasiat sebagai booster ASI alamiNamun sebenarnya, untuk memperlancar ASI tidak harus selalu dengan mengkonsumsi makanan-makanan itu ya. Karena yang terpenting adalah Moms harus menyukai jenis makanannya. Maka pilih saja makanan favorit Moms semua sebagai booster ASI. Entah itu cokelat, susu, puding, atau apa pun makanan favorit Moms lainnya. Dengan ngemil makanan favorit, maka Moms akan bahagia. Dan rasa bahagia itulah yang akan merangsang pengeluaran hormon oksitosin dan prolaktin yang menyebabkan ASI menjadi lancar. Anyway, selamat menyusui ya, Moms!