Kita selalu melewati pergantian tahun demi tahun, dengan membuat resolusi atau sebuah harapan baru yang akan di capai tahun ini. Begitu juga dengan saya, kali ini saya mencoba membuat resolusi dengan melibatkan suami untuk merencanakan kegiatan home education (pendidikan berbasis rumah) di tahun 2018. Sebuah hal yang langka terjadi, karena biasanya saya dan suami bikin resolusi dalam pikiran masing-masing 😄

Oia, home education itu apa sih? Secara singkatnya adalah sebuah pondasi awal pendidikan yang berasal dari dalam rumah. Peradaban sesungguhnya berawal dari sebuah keluarga. Sudah sepatutnya ketika diamanahkan peran menjadi orang tua, kita sadar untuk menjalankan misi hidup, salah satunya mendidik anak. Jadi sebenarnya kegiatan Home Education ini bukanlah hal yang baru dan luar biasa, namun sudah semestinya dilakukan oleh setiap orang tua.



Source: google.

Untuk memudahkan merencanakan kegiatan home education yang akan dilakukan, ada beberapa point pertanyaan untuk membantu yaitu:

1. Sebutkan 3 hal terpenting yang perlu dikuasai oleh anak setelah dewasa?

2. Pengetahuan/keterampilan anak apa yang perlu ditingkatkan?

3. Pengalaman baru apa yang ingin diperkenalkan/dicoba kepada anak? Terkait fitrah perkembangannya.

Setelah itu mengisi pertanyaan tersebut, kita breakdown menjadi kegiatan per tiga bulan. Jadi tuliskan 3 rencana pendidikan apa yang akan dilakukan di tiga bulan pertama, dan sebutkan alasannya?



Source: google.

Tentunya ini bukan metode baku yang mesti sama banget dilakukan, masing-masing keluarga punya keunikan tersendiri dalam merencanakan home education. Hal yang terpenting adalah MAU dan KOMITMEN dalam melaksanakan apa yang sudah direncanakan. Karena dengan merencanakan, membuat kita terarah dan tepat sasaran dengan segala proses serta aktivitas pengasuhan yang dilakukan. Selamat menemukan dan menjalani proses pendidikan keluarga ya Moms 😊


With love,

Elvira Chaerunnisa 💞