Babymoon merupakan sebuah tradisi atau tren baru yang sedang populer dilakukan oleh para pasangan baru saat menanti kelahiran buah hati. Babymoon ini juga cukup populer dengan sebutan "honeymoon kedua", karena dapat dikatakan sebagai momen terakhir menikmati kehidupan berdua sebelum hadirnya buah hati dalam keluarga kecil mereka.
 

source: http://www.escape.com.au/


Meluangkan waktu untuk menghabiskan waktu berdua sebelum kelahiran si kecil akan sangat penting untuk kamu dan pasangan. Biasanya, setelah mendapat peran baru, kalian akan lebih sulit untuk menghabiskan waktu berdua. Tidak hanya itu, babymoon juga dapat menjadi momen relaksasi atau refreshing bagi kamu dan pasangan menjelang kelahiran. Nah, apabila kamu akan merencanakan babymoon dalam waktu dekat, ada hal-hal penting yang harus kamu perhatikan:
 


1. Pilih Waktu Yang Tepat

Apabila kamu ingin melakukan perjalanan babymoon, disarankan untuk pergi saat kandunganmu berada pada fase trimester kedua. Saat kehamilan berusia 14-28 minggu, kandungan berada dalam kondisi terbaik di mana kamu sudah tidak lagi merasa mual diperkirakan rasa mual seperti di awal kehamilan. Selain itu, fisikmu juga masih cukup kuat dibandingkan dengan kehamilan di trimester akhir yang akan membuat jalan-jalan menjadi melelahkan.
 

source: http://www.pregnancyview.com/


 

baca juga


2. Sesuaikan Destinasi Wisata

Pertimbangkan destinasi wisatamu dengan memikirkan keterjangkauan lokasi, kenyamanan, dan keamanan untuk ibu hamil. Pastikan transportasi, tempat penginapan, dan lokasi berjalan-jalan tidak berbahaya dan menganggu kenyamanan. Tidak hanya itu, carilah juga informasi mengenai layanan medis untuk berjaga-jaga adanya kejadian tidak diinginkan.
 

source: https://www.thebump.com/


 


3. Konsultasikan Kepada Dokter

Saat kamu sedang membuat rencana babymoon jangan lupa untuk berkonsultasi pada dokter kandungan untuk mengetahui kesiapan fisik ibu hamil saat akan melakukan perjalanan jauh. Tanyakan juga saran-saran kesehatan untuk mejaga kondisi ibu dan kandungan saat liburan. Biasanya dokter akan memberikan masukan untuk hal-hal yang diperbolehkan dan dilarang untuk dilakukan saat babymoon.
 

source: http://www.bollywoodshaadis.com/


 

baca juga


4. Aman Berkendara

Terakhir, selalu persiapkan semua kondisi saat sedang berada dalam kendaraan. Apabila kamu akan naik mobil, perhatikan pemasangan seatbelt agar tidak menekan area perut. Selain itu, jangan sungkan untuk berhenti di rest area untuk memberikan jeda waktu ibu meluruskan kaki dan berjalan-jalan. Begitu pula saat ibu akan berpergian dengan kereta atau pesawat. Sempatkan waktu untuk bangkit dari kursi dan berjalan-jalan sejenak di lorong. Hal ini penting untuk memastikan peredaran darah ibu tetap lancar dan tidak mengalami kram.
 

source: http://www.tlc.com/


Nah, itulah beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan saat akan babymoon. Semoga bermanfaat dan selamat berlibur, Moms!