1. Mengembangkan Aspek Motorik

Takut mengajak bayi berenang? Moms tau enggak sih kalau berenang adalah salah satu jenis olahraga yang mengaktifkan seluruh bagian tubuh. Bagaimana tidak, saat berenang, seluruh bagian tubuh bayi akan bergerak aktif di dalam air. Entah itu tangan yang bergerak-gerak, kaki yang menendang-nendang, atau kepala yang naik turun. Dengan demikian, aspek motorik terutama motorik kasar bayi akan terstimulasi dengan baik melalui aktivitas berenang. Berenang juga dapat merangsang kemampuan indera vestibular yang mengatur keseimbangan tubuh bayi. 

source: http://www.marianswimmingpool.com/parent-and-baby-swimming-lessons

2. Stimulasi Aspek Kognitif

Bayi berenang tentu saja harus didampingi oleh seorang instruktur yang akan memberi arahan terkait gerakan yang dilakukan. Instruktur ini bisa dai orangtua bayi atau orang lain yang memang secara khusus melatih bayi berenang. Dengan terbiasa mendengarkan instruksi dari instruktur renang atau orangtua, bayi akan belajar bagaimana menangkap arahan, berlatih gerakan, dan sebagainya yang tentunya akan menstimulasi aspek kognitif atau kemampuan berpikir bayi.

source: http://tips-sehat-keluarga-bunda.blogspot.com/2014/07/usia-bayi-mulai-boleh-belajar-berenang.html
baca juga

3. Merangsang Perkembangan Bahasa

Dalam aktivitas berenang tentu saja ada aktivitas komunikasi antara instruktur dengan bayi yang sedang berlatih berenang. Dengan aktivitas komunikasi yang intens ini secara tidak sadar akan merangsang perkembangan bahasa pada bayi.

source: http://berenangyuk.com/content/pada-usia-berapa-sebaiknya-seorang-anak-mulai-belajar-berenang-terlalu-dini-mungkin-tidak

4. Membiasakan Bersosialiasi

Dengan diajak berenang, bayi tentu saja akan bertemu banyak orang di luar lingkungan keluarga inti yang biasa ditemuinya. Kecuali kalau Moms berenang di kolam renang pribadi. Dengan demikian, bayi pun akan terbiasa bertemu dengan orang lain sehingga kemampuan bersosialisasinya bisa terlatih. Paling tidak bayi tidak merasa takut saat bertemu orang baru yang belum ia kenal sebelumnya.

source: https://www.turtletots.com/
baca juga

5. Memperbaiki Pola Makan dan Tidur

Coba Moms ingat-ingat, biasanya sehabis berenang badan Moms akan terasa lebih segar. Lelah, lapar dan ngantuk, pasti. Tapi setelah berenang biasanya nafsu makan akan lebih baik, demikian juga pola tidur lebih teratur. Ternyata, efek yang demikian juga berlaku pada bayi lho, Moms. Biasanya bayi akan memiliki nafsu makan dan kualitas tidur yang lebih baik setelah Moms mengajak mereka berenang yang cukup menguras tenaga.

source: http://www.downvids.net/too-tired-after-swim-by-ayrikmr-1159073.html

Nah Moms, ternyata berenang sangat bermanfaat bagi perkembangan bayi ya. Meski begitu, Moms tetap harus memperhatikan aspek keamanannya ya, Moms. Jangan sampai malah membuat bayi celaka. Happy swimming with your baby, Moms!