Manfaat playdate untuk anak

 Roberta Michnick Golinkoff, PhD, penulis A Mandate for Playful Learning in Preschool bahwa "anak-anak sangat senang bermain dengan teman sebayanya, meski mereka bukan dalam lingkaran pergaulan yang sama".  Golinkoff menambahkan bahwa jika itu dilakukan secara teratur, maka anak-anak akan menganggap bermain sebagai sebuah  kebutuhan.
Berikut 6 alasan yang membuat playdates penting dilakukan untuk anak-anak :
  1. Bermain. interaksi melalui kegiatan bermain bersama sangat penting bagi perkembangan sosial anak-anak dan berdampak pada karakter anak di masa yang akan datang.
  2. Emosi. Playdate membantu anak untuk mebangun rasa kasih sayang, empati, negoisasi dan menghargai sudut pandang orang lain saat mereka bermain dengan teman.
  3. Mengenal orang lain. Dengan berinteraksi dengan orang lain di usia yang sama, anak-anak mulai belajar tentang pengambilan persepektif. Mereka mulai menyadari bagaimana orang lai memiliki pemikiran dan perasaan yang berbeda.
  4. Memecahkan masalah. Playdate dapat membantu si kecil belajar memecahkan masalah dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis. Selain itu, dengan berintraksi dalam playdate si kecil akan belajar tentang berbagi dan menyelesaikan perselisihan ketika segala sesuatu tidak berjalan sesuai keinginan mereka.
  5. Belajar bergaul sehat. Playdate mengajarkan anak untuk membuat sebuah hubungan yang bermanfaat dan sehat baik dengan teman maupun partner di kemudian hari.
  6. Belajar merespon orang lain. Playdate bagi si kecil menjadi sebuah mini "kelas kehidupan" tentang bagaimana ia belajar menghadapi orang lain dan merespon orang lain di sepanjang hidupnya.

 
source: https://i2.wp.com/themommyview.viewsfromastepstool.com/wp-content/uploads/2017/05/kids-play-date-hero.jpg?fit=1024%2C512&ssl=1

Manfaat playdate untuk Mama

 Keluar rumah dengan mengajak si kecil playdate juga bisa membuatmu memiliki duniamu lagi lho. Berikut 6 manfaat mengikuti playdate buat si Mama menurut Dr. Gail Gross,  PhD, pakar Perilaku Manusia, Pengasuhan Anak, dan Pendidikan:

  1. Rehat sejenak dari "Dunia Ibu". Playdate memberikan kamu kesempatan untuk berhubungan kembai dengan pihak di luar urusan per-Ibu-an. Kalian bisa memilih topik tentang kosmetik, politik, cara mengatur keuangan, tips kebugaran, ekonomi, novel atau film terbaru dan hobi atau  sesuatu yang seru lainnya. Dari sini, kamu bisa menemukan teman yang memiliki minat sama.
  2. Sumber informasi parenting. Selain obrolan ringan seputar perempuan atau dunia dan hobi, hal terpenting dari bertemunya para ibu-ibu dengan anak seusia adalah sharing ilmu. Playdate menjadi tempat kamu menemukan jawaban seputar masalah pengasuhan anak. Mungkin salah satu dari kalian memiliki pengalaman yang bisa dibag untuk mengatasi masalah teman yang lain. 
  3. Kesempatan untuk olah raga. Ketika kamu menjadi seorang Ibu, olahraga tentu bukan lagi menjadi prioritas. Padahal kita membutuhkan tubuh yang bugar agar bisa mengasuh anak dan mengurus rumah tangga.  Nah melalui kegiatan playdate, kamu bisa bergerak aktif saat ikut serta dalam permainan anak. Kamu juga bisa ikut berenang, berlari, jalan mengelilingi museum atau sekedar mendorong kereta sambil mengikuti kemanapun si kecil bermain. 
  4. Mendapatan dukungan dan pengakuan. Menjadi seorang Ibu memang tidak ada penghargaan khusus meski ia telah melakukan sebaik yang ia mampu. Dengan mengikuti playdate, kamu akan saling mendukung dengan sesama ibu lain. Kamu mungkin sesekali mendapatkan pujian atas apa yang kamu lakukan, atau dorongan untuk melakukan hal yang kamu inginkan. Playdate juga membuat kamu sadar bahwa tidak ada ibu yang memiliki tantangan dan kebahagiaan yang persis sama, karena mereka berdiri dalam sepatu yang berbeda. Tidak ada persaingan dalam menjadi Ibu!
  5. Playdates membuatmu ke luar rumah. Keluar dan berpakaian menarik adalah persoalan yang sama-sama penting bagi Mama khususnya Ibu rumah tangga. Kadang permasalahan bagi Ibu rumah tangga adalah rasa rendah diri karena merasa tidak menarik terutama dari sisi penampilan. Dengan keluar rumah, kamu memiliki kesempatan mencoba bau baru atau tas baru kamu selain berpenampilan rapi dan wangi. Selain itu, keluar rumah juga dapat menyegarkan otak kamu dan membuat kamu menjadi manusia normal.
  6. Menggurangi stress. Baik ibu rumah tangga maupun Ibu yang bekerja di ranah publik pasti rentan stress ika melakukan kegiatan yang monoton seperti memasak, membersihkan rumah, mencuci baju dan sebagainya. Apalagi energi anak yang besar membuat kamu kadang kewalahan mengimbangi. Dengan bertemu teman dan lingkungan yang positif, perasaan kamu akan jauh lebih baik. Apalagi saat teman-teman di perkumpulan playdate memiliki eneri positif yang bisa membuatmu melakukan kegiatan lebih produktif dan bermakna.
source: https://s3-us-west-1.amazonaws.com/blogs-prod-media/us/uploads/2017/08/22101209/Target_PlayDate_-13-of-59-e1503511062928.jpg