1. Takut Salah Posisi Tidur

Hal pertama yang ditakutkan oleh ibu saat hamil muda adalah khawatir salah posisi saat tidur. Biasanya, posisi tidur yang asal dan sembarangan membuat para ibu tidak sadar melakukannya saat sedang tidur. Salah satu posisi yang dihindari adalah posisi tengkurap, sebab para ibu khawatir posisi ini dapat membahayakan janin dalam kandungan. Padahal, para ibu tidak perlu takut dan khawatir karena tubuh ibu sudah diciptakan dengan ruang yang cukup nyaman dan aman untuk tumbuh kembang janin. Jadi kamu tidak perlu terlalu khawatir. 
 

source: https://www.babycenter.com/


 


2. Takut Memilih Makanan Yang Salah

Di awal kehamilan, khususnya pada kehamilan pertama, para ibu hamil muda pasti akan menjadi lebih berhati-hati dalam memilih asupan makanan. Rasa takut itu sangatlah besar hingga tidak jarang para ibu menjadi kerepotan memeriksa satu per satu kandungan dalam satu menu makanan.  Meskipun memang ada beberapa makanan yang tidak dianjurkan untuk dikonsumsi, para ibu tetap boleh bebas memilih makanan. Jangan sampai rasa takutmu membuat kamu menjadi susah makan. Alhasil ibu akan menjadi kekurangan gizi dan malah membahayakan bagi perkembangan janin.
 

source: http://fasthealthtips.net/


Makanan yang dilarang untuk dikonsumsi ibu hamil :

  • daging mentah, 
  • seafood,
  • susu atau keju (tanpa dipasteurisasi),
  • dan minuman beralkohol dan berkafein
baca juga


3. Keguguran

Saat sudah positif hamil, seorang ibu akan berupaya sekuat tenaga untuk menjaga kesehatan kandungannya agar tidak terjadi masalah serius. Pada dasarnya para ibu sangatlah khawatir akan kehilangan janin dalam kandungannya atau dengan kata lain takut keguguran. Meskipun begitu, pastikan kekhawatiranmu tidak membuat kamu menjadi stress. Untuk mengatasinya, kamu cukup dengan rutin berkonsultasi dengan dokter pada awal kehamilan untuk memastikan kandunganmu selalu dalam kondisi yang baik. Setelah 12 minggu kehamilan, kamu dapat sedikit lega karena kemungkinan bayi akan keguguran semakin kecil.
 

source: http://assets.babycenter.com/


 


4. Takut Bayi Lahir Cacat

Menanti kelahiran sang buah hati yang 9 bulan tumbuh dalam kandungan seringkali membuat ibu was-was dan cemas akan kondisi si kecil. Kemungkinan bayi lahir dalam kondisi tidak sempurna atau cacat seringkali membuat para ibu menjadi cemas dan ketakutan. Akan tetapi, kamu tidak perlu terlalu memikirkannya hingga stres karena dapat membahayakan kondisi kesehatan ibu dan janin. Sebaliknya, pastikan untuk selalu menjaga pola hidup sehat serta konsultasikan kandungan pada dokter secara rutin.
 

source: http://www.newmindcentre.com/