Mengajari si kecil untuk menjadi pribadi yang mandiri, tentulah tidak mudah namun ada beberapa keuntungan yang dapat kita peroleh sebagai orang tua. Dengan mengajarkan kemandirian secara tidak langsung orang tua sudah mengajarkan kepercayaan diri anak, karena dengan menjadi anak yang mandiri ia percaya pada dirinya bahwa ia bisa melakukan dengan usahanya sendiri. Melatih kepercayaan diri tak harus dengan mengikutkan anak pada berbagai macam kompetisi, namun bisa dilakukan dari hal yang sederhana mendelegasikan tugas sehari-hari.

Apa saja kemandirian yang dapat kita ajarkan sejak dini? Setidaknya ada 3 hal yang sebaiknya kita latih berdasarkan pengalaman pribadi saya dalam pengasuhan anak.
 

Pertama adalah Belajar Makan dan Minum Sendiri.

Aktivitas makan bagi si kecil bukan hanya sekedar memasukkan makanan ke dalam mulutnya. Banyak hal yang dapat dipelajari oleh kita sebagai orang tuanya dan juga anak. Biasakan si kecil mulai memilih menu makanan apa yang akan disajikan, mengambil porsi makan ke dalam piring sendiri, juga belajar makan dan minum dengan menggunakan alat makan sendiri. Nilai positif yang dapat diambil dari aktivitas tersebut adalah anak dapat mengukur rasa laparnya sendiri.

 

Kedua, yaitu membersihkan mainan yang sudah dimainkan.

Kebiasaan membersihkan mainan dapat mengajarkan anak untuk memahami value dari mainan tersebut. Mereka akan sadar bahwa mainan yang dimiliki perlu untuk dirawat dan dijaga. Dibutuhkan kesabaran untuk menjadikan kebiasaan baik ini menetap menjadi rutinitas. Ajaklah membersihkan mainan bersama-sama. Jangan lupa selalu apresiasi kebiasaan baik si kecil walaupun tak seberapa usaha yang dilakukan.

 

Ketiga, toilet training.




Fase toilet training termasuk fase yang membuat orang tua terkadang deg-degan bingung memulainya. Memasuki usia 1,5 tahun keatas si kecil sudah bisa berkomunikasi dua arah dan perlahan bisa diajarkan untuk toilet training. Jangan berharap langsung lancar ya Moms 😂 Beberapa ada yang mengajarkan buang air besar terlebih dahulu baru setelah itu buang air kecil. Ada banyak beberapa metode toilet training, pilihlah metode yang paling sesuai dengan karakter ibu dan anak karena kita yang akan menjalaninya dan mesti enjoy.

​​​​​Yakinilah Moms, perjalanan mengajarkan kemandirian pada si kecil adalah modal dasar keterampilan hidup mereka di masa yang akan datang datang. Tetap semangat, pasti bisa!


With love,
Elvira Chaerunnisa.