1. Jerawat

Masalah kulit seperti jerawat paling sering dialami oleh ibu hamil karena faktor makanan dan juga perubahan hormon. Nha, hormon ini bisa merangsang kulit untuk memproduksi lebih banyak minyak. Oleh sebab itu jerawat dapat muncul ketika minyak bercampur dengan sel-sel kulit mati yang menyebabkan tertutupnya pori-pori dan membuat jerawat muncul. Untuk mengatasinya sebaiknya moms gunakan masker alami seperti campuran lemon dan madu. 

source: http://firsttimemommn.com

2. Gatal-gatal

Masalah kulit yang sering terjadi pada ibu hamil selanjutnya adalah gatal-gatal. Beberapa faktor yang memicu rasa gatal pada ibu hamil diantaranya, perubahan hormon, kondisi kulit, hingga kondisi medis tertentu. Biasanya area tubuh yang paling sering gatal adalah pada bagian perut dan payudara. Selain itu  rasa gatal yang dirasakan ketika hamil juga bisa disebabkan oleh masalah yang lebih serius, seperti kolestasis obstetrik. Walaupun kolestasis obstetrik jarang terjadi, namun kondisi ini membutuhkan perawatan medis secara khusus. 

source: https://onedio.co
baca juga

3. Ruam

Jika moms merasakan masalah kulit seperti ruam merah, biasanya ini disebabkan oleh kelembaban dari keringat yang berlebihan atau gesekan kulit terhadap pakaian. Ruam menyebabkan gatal-gatal dan ketidaknyamanan dan pastinya mengganggu akitivitas moms sehari-hari. Untuk mengatasinya sebaiknya mandi air hangat setiap hari, hindari menggunakan parfum, lotion dan sabun dengan pengharum yang 'keras' dan jaga tubuh moms tetap kering dengan menggunakan pakaian katun yang menyerap keringat. 

source: http://continentalhospitals.com

4. Melasma

Masalah kulit selanjutnya adalah melasma, dimana kondisi ini sering terjadi pada ibu hamil juga karena pengaruh hormon. Melasma merupakan salah satu bentuk pigmentasi, namun umunya melasma berupa bercak coklat yang muncul pada wajah selama masa kehamilan. Penggelapan kulit yang biasanya terjadi di dahi, pipi dan dagu. Penyebabnya adalah meningkatnya kadar melanin karena perubahan hormonal. Untuk mengatasinya hindari keluar rumah di sore hari dan gunakan tabir surya dengan SPF yang tinggi. 

source: https://tipsperawatancantik.com