Waktu Yang Tepat Untuk Menjemur Bayi


Orang tua terkadang ingin memaksakan bayi tetap dijemur padahal matahari sudah tidak lagi baik untuk si kecil. Karena itu, kamu perlu patuh pada waktu atau durasi menjemur bayi yang tepat dan sesuai dengan kebutuhannya. Biasakan untuk menjemur bayi pada pagi hari sekitar pukul 7-8 pagi saat matahari belum terlalu terik. Kalaupun matahari sudah terasa sangat panas, sebaiknya tunda menjemur hingga matahari benar-benar dalam suhu yang tepat atau hangat sehingga proses menjemur dapat berjalan lebih optimal.
 

source: http://www.lahiya.com/


 

Pakaian Bayi Saat Dijemur


Pastikan kamu membuka semua baju kecuali popok saat menjemur bayi. Hal ini penting untuk memastikan seluruh permukaan tubuhnya terekspos matahari dengan baik. Kamu juga harus membolak balik badan bayi agar bayi merasakan hangat pada bagian depan dan belakang tubuhnya. 
 

source: https://www.cosmomom.net/


 

baca juga

Lindungi Mata Bayi


Pastikan mata bayi tertutup dengan baik agar tidak terpapar cahaya matahari yang keras. Cahaya matahari ini dapat berbahaya karena dapat merusak retina si kecil. Jadi jangan lupa untuk menggunakan penutup mata agar bayi dapat merasakan hangat tanpa harus merasa silau.
 

source: http://www.imgrum.org/


 

Lakukan Pemijatan


Saat dijemur, pijat tubuh bayi perlahan dengan lembut menggunakan baby oil. Salah satu manfaatnya adalah untuk menghindari kulit bayi yang mengering akibat paparan sinar matahari berlebih. Dengan memijat tubuh bayi, kamu juga dapat memperlancar peredaran darah dan relaksasi untuk otot-ototnya.
 

source: http://ibudanmama.com/


 

baca juga

Jangan Tinggalkan Bayi


Meskipun harus dijemur dalam waktu beberapa menit, kamu harus terus mendampinginya. Sebab, apabila kamu meninggalkan bayi seorang diri, itu akan membawa bahaya bagi si kecil. Tidak hanya itu, kamu juga dapat menjadikan momen berjemur menjadi kesempatan mempererat bonding ibu dan bayi. 
 

source: http://purebaby.co.id/


Nah, itulah beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan saat menjemur bayi. Semoga bermanfaat, ya!