Hai moms, ini first post saya di blog ini salam kenal ya moms semuanya. Saya seorang ibu rumah tangga yang mempunyai satu anak laki-laki berusia 8 bulan, namanya Radjata Al Khalifi Gunawan. Usia ini adalah masa-masa anak semakin aktif ya mom ibaratnya kalau si emak meleng dikit anak bisa kejedot ataupun jatuh karena mereka sedang senang-senangnya belajar merangkak dan berdiri. Tapi sebelum mereka merangkak pastilah tahapannya harus tengkurap dulu ya mom. Bayi tengkurap normal diusia 3-6 bulan ya mom biasanya mereka akan memiringkan badannya terlebih dahulu baru tengkurap kemudian selanjutnya akan berguling apabila si bayi sudah menguasai teknik tengkurap yang baik dan nyaman untuk mereka. Nah mom disini saya mau share sedikit tentang pengalaman saya dan buah hati ya.

Anak saya diusia 3-6 bulan belum bisa tengkurap sama sekali mom bahkan untuk miring saja dia masih belum fasih, saya jadi H2C (harap-harap cemas) apalagi kalau saya melihat anak-anak teman saya sudah pada bisa tengkurap dan berguling-guling sendiri tanpa dibantu duh jadinya minder. Saya bertanya-tanya dalam hati apakah anak saya kegendutan karena ada beberapa literatur yang mengatakan jika bayi kelebihan berat badan (gemuk) bisa jadi dia akan sedikit sulit dan terlambat untuk tengkurap tapi setiap saya timbang dan konsultasi ke DSA tidak ada masalah berat badan masih normal saja, bahkan kata DSA yasudah gpp biarkan saja yang penting anaknya sehat sering-sering di stimulasi supaya bayinya cepat bisa tengkurap seperti dimiringkan atau di stimulasi dengan mainan yang dia suka. 

Hal itupun sudah saya dan suami lakukan ketika saya coba miringkan dia selalu kembali keposisi semula (telentang), saya stimulasi dengan mainan tapi dia kurang tertarik, saya putarkan video baby shark karena kebetulan dia suka dengar suaranya (kids jaman now banget ya.. Hihi) tapi juga masih malas untuk tengkurap. Saya tidak berhenti berjuang sampai disitu moms sampai saya ajak untuk baby spa karena beberapa teman bilang nanti setelah baby spa bisa langsung tengkurap, saya coba sudah beberapa kali juga belum ada hasilnya.. Huh (galau akuddd)

Akhirnya disuatu hari saya pasrahkan saja pada si bayi karena pasti mereka lebih tau kapan mereka akan belajar dengan dirinya sendiri (tapi tetep sesekali dimiringkan). Nah tepat dia berumur 6,5 bulan dia bisa tengkurap sendiri tanpa dibantu kemudian 1 minggu setelah itu dia berguling-guling genap usia 7 bulan dia sudah bisa merangkak dengan cepat dan benar menggunakan dengkul bukan ngesot. 



Saat ini anak saya sudah memasuki usia 8 bulan mom dan dia sudah mulai belajar berdiri sendiri mencari topangan meskipun beberapa detik jatuh tapi saya senang dia belajar cukup cepat. Mudah- mudahan dia akan lebih cepat menunjukkan kepintaran-kepintaran yang lainnya. 



Alhamdulillah semua kegalauan saya selama ini sirna karena anak saya sudah menunjukkan kepintaran dan perkembangannya dengan baik.



Jadi intinya mom kita tidak boleh terlalu memaksakan kehendak kita, kita juga tidak boleh mambandingkan berlebihan kepada anak lain cukup ajarkan dia dan suport dia supaya menjadi anak yang baik. Karena saya percaya anak mempunyai keunikannya sendiri sebenarnya bukan dia tidak bisa tapi karena dia belum mencoba dan pasti ada waktu yang pas dan nyaman untuk anak kita belajar. Semoga bermanfaat ya mom sharingnya kali ini. Stay Positive and Happy Parenting ❤