Periksa Pengaturan Privasi


Setiap aplikasi sosial media memiliki pengaturan privasi yang bisa kamu atur sesuai dengan kebutuhan dan kepentingan kamu. Tidak ada salahnya untuk mengaturnya sehingga hanya orang-orang terdekat yang kamu kenal yang dapat melihat foto anakmu. Hal ini penting untuk menjaga anakmu dari hal-hal yang tidak diinginkan oleh orang di luar sana.
 

source: https://www.grahamcluley.com/


 

Perhatikan Pakaian Anak


Jangan pernah sekali-kali mengunggah foto anak tanpa busana. Tidak hanya itu, pastikan anak selalu memakai pakaian yang tertutup dalam foto yang kamu unggah. Selain untuk tidak mengumbar bagian pribadi anak, cara ini dapat melindungi anak dari sasaran para pedofil yang tidak diduga-duga.
 

source: https://www.instagram.com/aishwa_nahla/


 

baca juga

Caption Seadanya


Jangan membuat caption yang terlalu panjang yang menceritakan nama lengkap, nama sekolah, serta rutinitas hariannya. Hal ini penting untuk memastikan privasi detail anakmu terjaga dengan baik. Kamu perlu mewaspadai orang-orang tidak bertanggung jawab yang dapat melakukan tindak kriminal seperti penculikan, dan lain sebagainya. Hindari juga komentar-komentar yang terlalu detail menceritakan anak.
 

source: http://www.suratkabar.id/


 

Hindari Memberikan Lokasi


Fitur yang menunjukan lokasi rumah, sekolah, atau tempat penitipan anak tidak perlu untuk kamu gunakan untuk tetap menjaga privasi anak dengan baik. Hal ini penting untuk memastikan anak tetap aman dimanapun ia berada. Waspadalah dengan para penjahat yang mencari mangsa melalui foto-foto anak di sosial media.
 

source: https://www.pinterest.com/


Itulah beberapa hal yang perlu kamu perhatikan jika ingin mengunggah foto anak di sosial media. Ingat, sebenarnya anakmu juga memiliki hak untuk tidak terekspos di dunia maya hingga ia benar-benar sadar betul mengenai apa itu media sosial. Jangan sampai, hanya karena ingin membuat anak terkenal, kamu membahayakan dirinya dengan mengumbar detail pribadi anakmu sendiri. Semoga bermanfaat dan selalu waspada, Moms!