Ciptakan Suasana Makan Yang Menyenangkan


Hal pertama yang harus kamu perhatikan untuk mengatasi anak susah makan adalah dengan menciptakan suasana makan yang menyenangkan. Jangan sekali-kali memarahinya karena ia tidak mau makan. Hal ini akan membuatnya semakin tidak berselera untuk makan. Sebaliknya, cobalah ajak ia untuk makan bersama. Tunjukan bahwa kamu senang makan dan makan itu sangatlah menyenangkan.
 

source: http://cairogyms.com/


 

Atur Jadwal Makan Yang Teratur


Anak susah makan timbul akibat jadwal makan yang berantakan. Hal ini membuat ia sering merasa kenyang di saat kamu sedang memberikannya makanan. Cobalah untuk mengatur jadwal makan bersama yang teratur. Dengan begitu, tubuhnya juga akan beradaptasi dan bisa memberikan impuls lapar pada diri anak sehingga ia mau makan.
 

source: https://www.shutterstock.com/


 

baca juga

Ciptakan Variasi Menu Yang Menarik


Tanyakan pada anak, apa makanan yang ia sukai dan apa makanan yang tidak ia sukai. Dengan begitu, kamu dapat menyiasati menu untuk membuatnya nafsu makan saat melihat menu yang kamu sajikan. Tapi ingat, bukan berarti menu yang tidak ia sukai tidak kamu berikan, sebaliknya, kamu dapat menyiasati bentuk sajian sehingga makanan yang tidak ia sukai dapat termakan tanpa ia sadari.
 

source: https://www.livestrong.com/


 

Ajak Anak Memasak Bersama


Sesekali, ajaklah anak untuk memasak sendiri makanannya. Biarkan ia memilih menu dan bahan makanan yang ingin ia makan. Jika ia merasakan lelahnya membuat makanan, dijamin ia akan lebih bersemangat dalam menghabiskan makanan yang sudah ia buat dengan susah payah.
 

source: https://www.istockphoto.com/


 

baca juga

Sediakan Alat Makan Khusus


Ajak anak untuk memilih alat makannya sendiri. Kamu dapat menawarkan piring dengan gambar karakter favoritnya, atau sendok garpu dengan warna kesukaannya. Dengan begitu anak akan lebih bersemangat setiap kali akan makan. Oya, jangan lupa untuk selalu menyajikan makanan anak dengan porsi yang kecil. Hindari memberikan makanan dengan porsi bertumpuk karena akan membuat anak tidak nafsu makan.
 

source: https://www.ebay.co.uk/


Nah, itulah beberapa tips yang bisa kamu coba untuk meningkatkan nafsu makan anak. Selamat mencoba dan semoga berhasil, ya!