Paracetamol dan Ibuprofen

Salah satu obat untuk anak sakit gigi yang paling manjur dan aman untuk dikonsumsi anak adalah parasetamol dan ibuprofen. Selama ini masyarakat beranggapan jika parasetamol dan ibuprofen merupakan obat penurun demam, padahal tidak hanya berguna untuk penurun demam saja. Parasetamol dan juga Ibuprofen ini merupakan obat pereda nyeri ketika sakit gigi menyerang anak. Saat sakit gigi saraf menjadi sering berdenyut dan timbul rasa nyeri. Saat itulah obat ini akan bekerja untuk meringankan dan meredakan nyeri tersebut. Untuk anak dibawah 10 tahun, orang tua bisa memberinya jenis Parasetamol atau Ibuprofen dengan jenis sirup. Namun, jika usia anak sudah diatas 10 tahun berikan obat jenis tablet.
 

source: http://sehat-natural.com/

Orang tua tidak perlu panik lagi ketika anak kesakitan mengeluh sakit gigi. Karena kini dengan paracetamol atau ibuprofen akan mengurangi rasa sakit pada anak. Mommy bisa beli di apotek terdekat.
 

Dentasol

Obat untuk anak sakit gigi yang paling manjur lainnya adalah Dentansol. Berbeda dengan obat sakit gigi lainnya yang dikonsumsi, obat jenis ini justru dioleskan langsung ke bagian gigi yang bermasalah. Wujud dari Dentasol seperti gel dan bisa juga seperti cairan.
 

source: http://sehat-natural.com/

Cara menggunakannya adalah dengan mengoleskan di cotton buds kemudian obat tersebut ditempelkan atau dioleskan ke gigi yang bermasalah. Anak yang diobati menggunakan obat ini dilarang menelan Dentasol sebab bukan termasuk dalam obat oral.
 

baca juga

Bawang Putih

Bumbu dapur satu ini tidak hanya berfungsi untuk menyedapkan masakan saja, namun berguna untuk mengobati sakit gigi. Selain bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi, sifat antiseptiknya bisa digunakan untuk mengobati berbagai macam infeksi seperti infeksi telinga.
 

source: https://bidanku.com/

Untuk mengobati sakit gigi menggunakan bawang putih ini pun mudah saja, yaitu siapkan satu siung bawang putih, potong menjadi beberapa bagian atau bisa juga dengan cara menumbuknya. Tempelkan bawang putih tersebut ke gigi yang berlubang. Diamkan selama 30 menit.
 

Minyak Cengkeh

Tidak selamanya obat untuk sakit gigi berbentuk tablet dan terbuat dari bahan kimia. Bagi orang tua yang khawatir mengobati sakit gigi anak dengan obat kimia bisa menggunakan obat alami dan tradisional. Salah satu obat alami yang bisa digunakan untuk mengobati sakit gigi anak adalah minyak cengkeh. Sifat antiseptiknya membuat minyak cengkeh bisa membunuh kuman yang menyebabkan sakit gigi. Caranya pun sangat mudah saja, teteskan minyak cengkeh ke kapas, kemudian oleskan kapas tersebut ke gigi anak yang berlubang. Lakukan sebanyak tiga kali dalam sehari secara teratur.
 

source: https://mediskus.com/

Nah, setelah membaca ulasan beberapa obat sakit gigi untuk anak, tak perlu pusing lagi mengatasinya. Jika anak masih kesakitan setelah di beri obat tersebut, segera hubungi dokter untuk mengetahui lebih lanjut sakit gigi yang dialami anak.