Bantal Berpotensi Membahayakan Bayi


Bantal bayi berpotensi mengundang bahaya sesak napas atau tersedak. Pada dasarnya, si kecil belum memerlukan bantal untuk menumpu kepala mereka. Sebab bayi tidur dengan beragam posisi tanpa perlu menggunakan bantal. Memberikan bantal malah akan mengganggu pernapasan si kecil dan meningkatkan risiko terjadinya SIDS(Sudden Infant Death Syndrome). Nah, inilah alasan pertama kenapa si kecil tak perlu pakai bantal bayi, mommies.
source: http://nakita.grid.id/

Kesulitan Untuk Membalik atau Memutar Kepalanya


Jika bayi diletakkan di tengah bantal bayi berbentuk U, bayi akan kesulitan untuk membalik atau memutar kepalanya ke salah satu sisi ketika dia gumoh atau muntah. Kondisi ini berisiko membuat bayi tersedak oleh muntahannya sendiri. Nah, ini tentu juga perlu diwaspadai sehingga bayi tidur tidak memakai bantal menjadi pilihan yang baik.
 
source: http://www.alodokter.com/
baca juga

Bantal dan Sindrom Kematian Mendadak pada Bayi

Banyak dokter menyatakan bahwa permukaan bantal bayi yang lembut atau benda di sekitarnya memungkinkan terciptanya sekat kecil di sekitar mulut bayi dan menjebak hembusan napas. Sebagai akibatnya, bayi menghirup kembali hembusan napasnya. Kadar oksigen di dalam tubuhnya kemudian akan menurun dan karbon dioksida akan terakumulasi. Akhirnya, kekurangan oksigen dapat berkontribusi terhadap SIDS.
 

source: http://doktersehat.com/

Alergi

Alasan lain bayi tidur tak perlu menggunakan bantal bayi adalah adanya risiko alergi. Nah, lalu bagaimana jika menggunakan bantal bayi bukan untuk tidur? Boleh saya, tapi mommies juga sebaiknya memilih bantal dengan isian yang bersifat hipoalergenik atau rendah risiko alergi.  Bantal boleh digunakan untuk bayi tidur siang dengan catatan bahwa mommies turut mengawasi. Bila Anda tidak mengawasinya, lebih baik jauhkan bantal.  Jika bayi tertidur dengan bantalnya, perlahan-lahan ambil bantal dengan lembut dan letakkan bayi di keranjangnya.
 

source: http://nakita.grid.id/

Bagaimana, mommies? Mengetahui alasan tersebut, apakah mommies akan tetap menggunakan bantal bayi dan membiarkan si kecil terlelap dengan bantal? Atau mommies justru menghindarinya? Sebenarnya bayi berusia di bawah dua tahun tidak membutuhkan bantal untuk membuatnya nyaman atau membantu kepalanya menjadi bundar sempurna. Mommies tidak perlu memaksakan menggunakan bantal untuk bayi. Di samping itu, jika bayi Anda tidur bersama Anda, jangan lupa untuk menjauhkan semua bantal atau guling.