Pastikan Ibu Dalam Keadaan Rileks

Hal pertama yang akan membuat tidur bayi lebih nyenyak adalah dengan membuatnya nyaman dan rileks. Namun, kenyamanan anak juga ternyata belum cukup. Sebagai orang yang menidurkannya, ibu juga harus berada dalam kondisi tubuh yang nyaman dan rileks. Pastikan kamu berada dalam kondisi bersih, wangi, dan tenang. Suasana yang nyaman saat ditidurkan dapat langsung terasa jika ibu dalam keadaan yang menenangkan. 
 

source: http://vbacsupport.com/


 


Atur Jam Tidur Anak Dengan Disiplin

Pastikan kamu sudah memiliki jadwal tidur bayi sesuai dengan kebutuhannya untuk tidur. Tentukan jam berapa saja ia harus tidur, sehingga pola jam tidur ini akan membuat tubuh anak dapat lebih beradaptasi dan tenang saat tidur. Kamu juga harus menjaga agar jam tidurnya cukup dan tidak berlebihan agar tidak mengganggu jam tidurnya untuk selanjutnya.
 

source: http://nakita.grid.id/


 

baca juga


Ciptakan Atmosfer Kamar Yang Nyaman

Apabila kamu sudah memiliki jam tidur untuk anak, pastikan untuk selalu menaati jadwal agar tubuh anak dapat menyesuaikan dengan cepat waktu tidurnya. Nah, agar tidur bayi menjadi lebih nyenyak dan berkualitas, kamu juga perlu memastikan lingkungan tidur anak sudah berada dalam kondisi yang nyaman. Misalnya, untuk waktu tidur siang, pastikan kamu menutup jendela sehingga suasana kamar menjadi lebih gelap. Selain itu, menyalakan penyejuk ruangan dan musik lembut dan menenangkan juga dapat membuat tidur bayimu lebih tenang. 
 

source: https://www.thespruce.com/


 


Berikan Selimut 

Keberadaan selimut dapat membuat anak merasa lebih tenang saat tidur. Ia akan merasa aman dan tidak mudah terganggu gerakan-gerakan yang membuatnya terbangun. Hindari pemberian bantal dan guling karena dapat mengganggu anak saat tidur. Selimut sudah cukup untuk membuat anak merasa nyaman.
 

source: https://www.thewoolcompany.co.uk/


Nah, itulah beberapa tips penting yang harus kamu perhatikan agar anak dapat tidur dengan nyenyak dan berkualitas. Pastikan juga anak dalam keadaan nyaman dan kenyang. Kamu dapat memandikannya, menyusui, dan memasangkan popok dengan daya serap tinggi agar anak tidak terbangun karena gerah, lapar, atau popok yang penuh.