Berbeda dengan zaman kita waktu kecil, saat ini sudah ada banyak sekali macam-macam sekolah anak balita, bahkan batita yang menawarkan program edukatif untuk anak-anak. Sekolah macam ini tentu memberikan harapan besar bagi para orang tua, khususnya yang tinggal di kota besar untuk dapat menitipkan anaknya di tempat yang bagus saat ia bekerja. 
 

source: http://education.seattlepi.com/


Tidak hanya alasan pekerjaan, beragam alasan lain juga mendasari keputusan orang tua dalam menentukan waktu sekolah sang buah hati. Misalnya, ingin belajar bersosialisasi, mengoptimalkan kecerdasannya, memaksimalkan tumbuh kembangnya, hingga mengikuti tren pendidikan anak masa kini. Namun, seberapa penting sih pendidikan anak balita? Dan, kapan usia yang tepat untuk mulai menyekolahkan anak?
 


Pentingnya Pendidikan Balita

Sebagai orang tua, kamu harus menyadari bahwa usia 0-6 tahun, atau usia sebelum memasuki sekolah dasar, merupakan usia emas di mana anak melalui waktu-waktu terbaik untuk mendidik, membentuk karakter, dan menginput beragam materi pendidikan dasar yang akan menjadi dasar dalam menjalani kehidupan seiring dengan pertambahan usia.
 

source: http://www.bluewindmill.net/


 

baca juga


Sekolah untuk Balita

Keberadaan sekolah untuk balita dan bahkan batita merupakan sebuah terobosan untuk mengoptimalkan potensi anak. Akan tetapi, tidak semua anak memiliki kecenderungan yang sama untuk dimasukkan ke dalam sekolah di usia sedini mungkin.
 

source: https://www.childrensarkacademy.com/


Beberapa anak yang memang memiliki potensi sosial tinggi akan dapat tumbuh cemerlang di sekolah. Namun, jika anakmu memiliki kecerdasan di bidang lain, ada baiknya untuk mengoptimalkan hal tersebut terlebih dahulu. Sebab, jika dipaksakan anak akan menjadi tertekan dan proses pembelajaran menjadi tidak maksimal.
 


Usia Tepat untuk Sekolah

Beberapa peneliti menunjukan hasil penelitian yang berbeda mengenai usia terbaik untuk menyekolahkan anak. Hal ini menunjukan bahwa tiap anak dengan berbagai kondisi dan situasi memiliki kecenderungan yang berbeda satu sama lain. Namun, yang pasti, melepas anak sekolah di usia dini tanpa pendampingan dan perhatian khusus dari orang tua merupakan hal yang tidak boleh kamu lakukan. Bukan berarti dengan kamu memasukkan anak ke sekolah, kamu sudah bebas tanggung jawab untuk memantau tumbuh kembangnya. Sebaliknya, kamu harus lebih peka mengenai setiap perubahan dan perkembangan yang terjadi pada diri anak.
 

source: http://www.fairmontprivateschool.com/


Jadi, tidak masalah jika kamu ingin memasukkan anak ke sekolah anak usia dini. Namun, tetap perhatikan dengan detail tempat kamu akan menyekolahkan anak. Kenali visi misi sekolah, karakter guru-guru, dan kurikulim yang diajarkan. Semua ini penting untuk memberikan fasilitas terbaik bagi anak dalam tumbuh kembangnya.