1. Lakukan Secara Bertahap

Menyapih anak memang tidak semudah membalikan telapak tangan karena tidak mudah melepaskan anak dari ASI dengan mudah. Salah satu cara pertama yang bisa moms lakukan adalah dengan mengurangi frekuensi menyusu dengan perlahan. Nah, untuk melakukan hal ini moms bisa sedikit demi sedikit mengurangi  frekuensi Si kecil menyusu. Misalnya bila anak setiap hari menyusu 5-10 kali, maka pada saat ingin disapih, moms bisa perlahan menguranginya sampai setengah waktu menyusunya.

source: http://www.telegraph.co.uk

2. Siapkan Makanan atau Minuma Pengganti

Ketika Si kecil rewel karena haus atau lapar, yang pertama di cari adalah air susu ibu. Nah, moms harus menyiapkan makanan atau minuman pengganti seperti susu formula, camilan sehat, atau juga empeng. Ketika ia tidur di malam hari sebaiknya siapkan air putih atau susu formula saat ia terbangun di malam hari. Selain itu yang terpenting adalah  jauhkanlah segala aktivitas bayi dari tempat yang biasa digunakan untuk menyusuinya. Moms bisa mengalihkan perhatiannya dengan jenis makanan dan minuman baru yang bernutrisi dan menarik untuknya.

source: https://furleybio.com
baca juga

3. Belikan Mainan Baru

Perhatian Si kecil terhadap ASI secara perlahan akan teralihkan dengan mainan baru yang dia sukai. Moms bisa membelikan beberapa mainan agar ia tidak gampang rewel dan juga berikan ia beberapa buku cerita bergambar agar Si kecil bisa sembari belajar. Selain itu untuk mengalihkan perhatiannya dari ASI ketika malam hari menjelang tidur, bacakanlah ia buku cerita yang menarik agar Si kecil bisa tidur dengan mudah tanpa menyusu. 

source: http://fisher-price.mattel.com

4. Tidak Boleh Menyerah

Menyapih anak dengan tidak memberikannya ASI sama sekali memang terkadang membuat para ibu tidak tega dan ada pula yang gagal dalam menyapih. Oleh sebab itu teguhkan hati dan moms harus disiplin serta jangan sampai hari pertama dan kedua berhasil, di hari ketiga moms menyerah tidak tega. Duh sayang banget kan, moms? Selain itu ha penting lainnya adalah dengan memberikan ia perhatian lebih agar Si kecil tak merasa sedih karena ibunya tak memberikannya ASI lagi. 

source: https://istockphoto.com