Pastikan Pompa ASI Yang Kamu Gunakan Tepat


Pemilihan pompa ASI yang tepat adalah hal utama dalam menentukan kenyamanan serta hasil dari memompa ASI. Beberapa hal yang harus kamu perhatikan adalah kesesuaian ukuran corong dengan payudara serta sesuai dengan kondisi dan kebutuhan kamu dalam memompa ASI. Karena itu, konsultasikan produk pompa ASI yang bagus dengan kerabat atau saudaramu untuk mengetahui rekomendasi pompa ASI yang terbaik.
 

source: https://www.walmart.com/


 

Bersihkan Pompa ASI, Tangan, dan Payudara


Sebelum mulai memompa, pastikan semua perlengkapan yang digunakan bersih dari kuman dan kotoran. Cucilah tangan dan payudara hingga benar-benar steril dan higienis. Cara ini penting untuk memastikan pompa dapat berfungsi dengan optimal serta ASI yang dihasilkan tetap bersih dan higienis.
 

source: http://www.parents.com/


 

baca juga

Rileksasi Tubuh dan Pijat Payudara


Jangan lupa untuk rileks dan tenang saat akan memompa ASI. Hindari pikiran negatif serta kekhawatiran yang berlebih karena takut sakit dan hasil pompa sedikit. Kamu juga dapat melakukan sedikit pijatan untuk memperlancar jalan ASI keluar dari puting. 

source: http://reps-id.com/


 

Saat Memompa Perhatikan Posisi Payudara


Posisi payudara yang salah kan membuat puting menjadi tergesek dengan dinding corong sehingga menimbulkan luka dan lecet. Karena itu, pastikan posisi payudara tepat dengan bagian puting berada pada ujung corong.
 

source: http://www.startoysrent.com/


 

baca juga

Hal Penting Saat Selesai Memompa


Jika kamu sudah selesai memompa ASI, jangan lupa untuk memperhatikan dua hal penting berikut ini :

  1. Pastikan ASI tersimpan dalam botol bersih yang tertutup rapat. Hal ini penting untuk memastikan ASI yang sudah diperah tidak terkontaminasi oleh kuman dan bakteri dari lingkungan sekitar.
  2. Segera simpan ASI di dalam lemari es. Memastikan ASI dalam suhu yang dingin adalah hal yang penting untuk menjaga kualitas dari ASI perah itu sendiri. Jika kamu berada di kantor. Jangan lupa untuk selalu membawa cooler bag dengan ice gel yang dapat menjaga suhu ASI tetap dingin.
  3. Langsung bersihkan peralatan pompa ASI. Jangan biarkan kotoran atau sisa ASI tetap berada dalam peralatan pompa tanpa langsung dicuci. Hal ini penting untuk menjaga kebersihan dan kehigienisan alat pompa kamu.

 
source: https://shop.willowpump.com/


 


Nah, itulah beberapa tips yang harus kamu ketahui saat akan mulai memompa ASI untuk pertama kalinya. Semoga bermanfaat, ya! Oya, jangan lupa untuk simak juga tips agar ASI lebih banyak diproduksi berikut ini :
 

youtube:goipat4h6bY
source: https://www.youtube.com/watch?v=goipat4h6bY
Tips Cerdas Memperbanyak ASI Pada Ibu Menyusui