Sempat Menunda Kehamilan


Jika kamu sempat menunda kehamilan selama beberapa tahun, ada kemungkinan kamu akan kesulitan mendapatkan momongan saat kamu menginginkannya. Hal ini disebabkan karena sel telur yang diproduksi oleh ovarium sang istri sudah tidak optimal lagi. Berbeda dengan sperma, slel telur tidak selamanya dapat diproduksi dalam kondisi optimal. Semakin berumur usia sang istri, makan kualitas sel telur yang dihasilkan juga semakin menurun. Karena itu, cobalah untuk berkonsultasi dengan dokter kandungan mengenai perencanaanmu untuk memiliki momongan. Hindari menunda terlalu lama, pastikan usia istri dan suami masih cukup produktif untuk memiliki anak.
 

source: https://www.livestrong.com/


 

Menoupause Dini


Apabila kamu terlalu lama menunda anak, kemungkinan terjadinya menoupause dini akan semakin tinggi. Hal ini ditandai dengan berkurangnya kestabilan menstruasi di bawah usia 40 tahun. Kemudian, disusul dengan terhentunya siklus menstruasi yang dengan kata lain, sang istri tidak lagi memproduksi sel telur. Menopause dini ini disebabkan karena banyak hal, diantaranya adalah karena radiasi dan pola makan tidak sehat. 
 

source: https://www.express.co.uk/


 

baca juga

Gaya Hidup


Apabila kamu dan pasangan memiliki gaya hidup yang tidak sehat, bisa dipastikan inilah penyebab utama sulitnya memiliki momongan. Gaya hidup seperti merokok, minum minuman beralkohol, hingga rutin mengonsumsi makanan cepat saji dapat berakibat pada ketidaksuburan suami dan istri. Selain itu, perhatikan juga kebiasaanmu dalam mengonsumsi obar-obatan yang menyebabkan gangguan hormon dan kesuburan.
 

source: http://www.montereybayivf.com/


 

Kesehatan Yang Bermasalah


Terakhir, jika tiga hal di atas tidak kalian alami, cobalah untuk memeriksakan diri ke dokter. Hal ini penting untuk mengetahui kondisi kesehatan reproduksi kamu dan pasangan secara mendalam dan memeriksa apakah ada indikasi penyakit tertentu dalam tubuh, misalnya :

1.  Masalah Pada Saluran Telur (Tuba)

Jika saluran tuba bermasalah, sel telur dan sperma akan sulit bertemu sehingga membuat kamu dan pasangan kesulitan dalam memperoleh momongan.

2.  Endometriosis

Endometriosis merupakan sebuah jaringan yang tumbuh pada bagian luar rahim. Tumbuhnya jaringan ini mempengaruhi kondisi indung telur, saluran telur, sel telur, rahim serta fungsi sperma. 

 

source: http://missnews.net/


 

baca juga


Untuk lebih lengkapnya, kamu dapat menyimak video singkat mengenai penyebab sulit hamil dari dr. Flori berikut ini.
 

youtube:wWiLlLijBiA
source: https://www.youtube.com/watch?v=wWiLlLijBiA
Penyebab Sulit Hamil dalam Pernikahan


Nah, itulah beberapa penyebab sulit hamil yang dapat kamu identifikasi sejak dini. Jangan lupa untuk segera lakukan konsultasi ke dokter kandunganmu apabila kamu tidak hamil terhitung 1 tahun setelah aktif secara seksual.