Kenali Penyebab Mencret pada Bayi

Mencret merupakan penyebab utama gejala kekurangan gizi pada anak dan bayi di negara-negara berkembang. Banyak sekali faktor yang menyebabkannya. Mulai dari pencemaran air hingga makanan yang dikonsumsi. Tidak hanya itu, ada juga rotavirus, penyebab penyakit gastroenteritis, yang menjad pemicu bayi mencret. Virus ini kemudian menginfeksi tubuh bayi sehingga menyebabkan gangguan pada usus bayi. Gangguan inilah yang pada akhirnya mengakibatkan nutrisi makanan tidak dapat terserap sempurna dan mengeluarkan cairan berlebihan.

source: http://www.alodokter.com/


Disamping itu, mencret pada bayi juga dapat diakibatkan oleh bakteri, parasit, ataupun virus yang berasal dari beragam benda kotor dan tercemar yang ada di sekitarnya. Tidak jarang, mainan yang dimasukan ke mulut juga dapat membawa bahaya bagi pencernaan bayi.  
 


Risiko Mencret Pada Bayi

Bayi yang mengalami mencret dapat kehilangan banyak cairan tubuh serta elektrolit. Kondisi ini dapat membawa bayi pada gejala dehidrasi. Untuk mengetahui bayi yang mulai mengalami dehidrasi, kamu dapat mengenali ciri-ciri seperti mata yang mulai cekung, lemah, selalu haus, serta rewel. 

 

source: http://www.curhatbidan.com/


Jika sudah mencapai kondisi dehidrasi berat, bayi akan terlihat mengantuk akibat tingkat kesadaran yang sudah mulai menurun. Selain itu, tangan dan kakinya akan mendingin, serta pernafasannya pun menjadi cepat. Jika tidak tertangani dengan cepat oleh ahlinya, dehidrasi ini akan mengakibatka kerusakan otak bayi atau bahkan kematian.
 

baca juga


Tips Mencegah Mencret Pada Bayi

Untuk dapat mencegah penyakit diare menyerang bayi, kamu perlu melakukan beberapa hal berikut ini :

  • Cuci tangan dan kaki bayi dan anak dengan teratur, khususnya setelah bermain. 
  • Cuci tangan sebelum menggendong bayi. Sebelum mengurus dan menggendong bayi, pastikan kamu tidak dalam keadaan kotor.
  • Bersihkan tempat bermain serta mainan anak agar tidak tercemar kuman dan bakteri.
  • Selalu mencuci botol susu bayi dengan air panas untuk mematikan kuman dan bakteri dengan sempurna.
  • Jauhkan bayi dari orang-orang yang sedang terjangkit diare.

 
source: http://indowarta.com/


 


Penanganan Bayi Mencret

Jika bayimu sudah terlanjur terkena diare, segera berikan asupan cairan yang cukup bagi bayi. Utamakan untuk memberi ASI dan hentikan pemberian susu formula yang akan memperparah mencret. Apabila mencret masih belum juga sembuh, bawa bayimu ke dokter untuk segera diperiksa lebih lanjut. Biasanya dokter akan memberikan obat antibiotik atau obat anti-parasit untuk mengatasi infeksi dari bakteri atau parasit penyebab diare. Selain itu, dokter juga mungkin akan memberikan oralit apabila sudah terjadi gejala dehidrasi. 
 

source: http://formulaherbal.id/