Moms, berikut ini adalah beberapa kegiatan yang saya lakukan bersama Nafeesa Ali untuk membantu menstimulus indera penglihatannya sejak ia lahir hingga memasuki usia 12 bulan. Setiap anak pasti akan terus tumbuh dan berkembang setiap fungsi tubuhnya, termasuk indera penglihatannya namun dengan memberikan stimulus bagi si kecil dapat membuat tumbuh kembangnya menjadi lebih optimal.

Waktu Nafeesa baru lahir meskipun pandangan si kecil masih kabur dan baru melihat objek di jarak 20-30 cm saja tapi saya selalu menatap wajahnya saat breast feeding directly. Meskipun Nafeesa belum bisa merespon senyuman saya namun dengan menatapnya penuh ekspresi ternyata membantu stimulus indera penglihatan si kecil.



Memasuki usia 1-3 bulan, saya dan suami mencari mainan dengan berbagai macam bentuk dan berwarna-warni. Mainan tersebut saya gantung diatas tempat tidur si kecil atau sesekali saya gerak-gerakn mainan tersebut Moms. Seru deh melihat Nafeesa kecilku lirik sana sini mengikuti gerak mainannya. Beberapa mainannya ada juga yang menghasilkan bunyi-bunyi yang dapat menarik perhatian Nafeesa.

Memasuki usia 4-5 bulan, indera penglihatannya semakin menunjukan peningkatan. Nafeesa semakin responsive dengan benda disekelilingnya apalagi benda bergerak yang ada dihadapannya. Di usia ini, saya memberikan mainan yang berwarna cerah seperti bola plastik, kubus yang terbuat dari kain atau busa, serta boneka yang bisa dia pegang sendiri.

Memasuki usia 6-8 bulan, Nafeesa sudah belajar merangkak dan seneng banget memasukan benda-benda yang ada didekatnya. Dengan memberikan mainan yang berwarna cerah, selain merangsang indera penglihatannya, juga dapat merangsang sistem motorik tangan dan kaki untuk belajar merangkak dengan meraih mainannya tersebut. Moms, aku juga mulai kasih dia cermin kecil yang didesain untuk si kecil sehingga aman meskipun dia mainkan. Saya sering banget menangkap moment keseruan Nafeesa yang senyum-senyum sendiri melihat bayangannya di cermin.



Memasuki usia 9-12 bulan, saya mulai menyadari ketertarikan Nafeesa pada kertas dan buku dengan gambar yang menarik dan memiliki banyak warna. Sering banget, kalo saya lagi liat lembaran promo discount belanja, Nafeesa mencoba untuk meraih dan memintanya dari saya. Meskipun di usia ini dia belum benar-benar mengerti arti gambar tersebut namun dengan memberikannya gambar berwarna dapat menarik perhatiannya. Selain mainan dan buku bergambar, saya juga sering mengajaknya bermain hide and seek atau cilukba. Dia paling seneng diajak cilukba begini apalagi melihat ekspresi wajah mamanya yang gaya bebek lah, gaya kucing kebalik lah, dia tertawa geli sekali.



Yuk, kita ciptakan suasana nyaman dan menyenangkan di rumah bersama si kecil dengan hal-hal sederhana yang biasa mengedukasinya.