Jadwalkan Waktu Untuk Si Kembar Bersamaan


Hal pertama yang perlu kamu terapkan adalah membuat jadwal teratur untuk kedua bayi. Misalnya untuk waktu memberi ASI, memandikan, bermain, dan menidurkan keduanya dalam waktu bersamaan. Pastikan kamu mengerjakannya bersama-sama agar hubungan yang terbangun pada kedua anak sama dan adil. Pada awalnya pasti akan terasa sulit, tapi cobalah lakukan dengan konsisten. Dijamin kamu akan semakin terbiasa dan menguasi polanya. Kuncinya hanyalah disiplin melakukannya.
 

source: https://www.care.com/


Hindari mengurus mereka bergantian karena akan membuat pekerjaan kamu tidak selesai-selesai. Buatlah jadwal harian yang lengkap dengan patokan aktivitas si kembar. Saat bayi tidur, selipkan jadwal-jadwal personal kamu. Pada awalnya mungkin akan terasa sulit. Tapi jika kamu sudah mengetahui celah dan pola dengan baik, pasti semuanya berjalan dengan lancar kedepannya.
 

Ketahui Cara Menidurkan Bayi Bersamaan


Sebelum anakmu dapat tidur dengan sendirinya, kamu perlu melakukan beberapa trik untuk menidurkannya bersamaan. Beberapa cara yang dapat kamu coba adalah :

  • Meletakan keduanya dalam kereta bayi
  • Gunakan gendongan bayi untuk salah satu anak, dan ayunan untuk yang lain
  • Selimuti keduanya dan letakan dalam keranjang bayi
  • Letakan di atas selimut bayi
  • Gunakan bantalan bayi

Kamu juga dapat mulai mencatat beberapa cara untuk menidurkan bayi yang lain. Cobalah semuanya dan tentukan cara yang paling efektif dan cepat.
 

source: http://hdydi.com/


 

baca juga

Gunakan Double Stroller


Jika kamu memiliki banyak pekerjaan yang harus diselesaikan, kamu dapat mengandalkan kereta bayi double. Perlengkapan bayi ini penting banget untuk dimiliki oleh orang tua dengan anak kembar sebab kamu tidak mungkin dapat menggendong dua bayi bersamaan. Dengan kereta bayi ini kamu dapat mengawasi anak kapanpun dan dimanapun.
 

source: http://seputarmasalahibuanak.blogspot.com/


 

Bergantian Saat Menggendong


Menggendong bayi adalah salah satu cara untuk menenangkan bayi. Akan tetapi, akan sulit sekali untuk mendekap keduanya bersamaan jika kamu hanya seorang diri di rumah. Cara lain yang dapat kamu coba adalah dengan membiasakan keduanya untuk bermain sendiri di lantai. Langkah ini dengan membiasakan keduanya secara bersamaan bermain sendiri saat diletakan di lantai tempat bermain. Saat keduanya terbiasa dengan hal itu, kamu tidak perlu khawatir salah satu akan rewel saat kamu menggendong saudaranya.

 

source: http://www.parents.com/


Jika kamu bisa melakukan itu semua, kamu dapat lebih mudah mengerjakan pekerjaan lain. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, ya!