Salah satu cara untuk merangsang kemampuan anak dalam merangkak adalah dengan memberikan stimulus berupa mainan yang menarik. Beberapa mainan memang dirangsang khusus untuk memancing anak merangkak. Tetapi, ada juga mainan yang dapat digunakan untuk menyita perhatian anak sehingga membuat anak bergerak dan merangkak.
 

source: http://www.momjunction.com/


 


1. Bola

Mainan pertama yang dapat kamu gunakan untuk memancing anak merangkak adalah bola. Bola memiliki sifat yang mudah menggelinding. Ketika itu, anak akan terpancing untuk mengejar bola dengan cara merangkak. Kamu dapat memilih bola dengan warna cerah atau bahkan memiliki lampu-lampu agar terus memcuri perhatian anak.
 

source: https://www.amazon.com/


 

baca juga


2. Mainan Yang Berjalan/Bergerak

Berikan juga mainan dalam bentuk boneka atau mobil-mobilan yang dapat bergerak. Saat mainan bergerak, anak akan mengikuti dan mengejarnya. Inilah yang membuat anak semakin terlatih dan berusaha untuk merangkak lebih gesit dan cepat.
 

source: http://www.fisher-price.com/


 


3. Baby Tunnel

Selanjutnya, baby tunnel juga dapat menjadi media stimulus anak untuk merangkak yang tepat. Berada dalam satu buah lorong akan membuat anak lebih termotivasi untuk dapat keluar dan meraih berbagai mainan di luar lorong.

 

source: https://www.amazon.com/


 

baca juga


4. Bermain Bersama Orang Tua

Terakhir, bermain bersama orang tua juga dapat meningkatkan kemauan anak dalam bergerak dan merangkak. Yang terpenting adalah orang tua juga ikut memberi contoh cara merangkak saat akan mengejar mainan. Cara ini banyak dilakukan mengingat anak adalah peniru yang sangat cepat dan ahli. Kamu juga dapat bermain bersama anak dengan menggunakan mainan stimulus di atas.
 

source: http://toddlertivity.com/


Nah, itulah beberapa mainan yang dapat kamu gunakan untuk merangsang dan menstimulasi anak untuk berlatih dan belajar merangkak. Ingat, tiap anak memiliki kemampuan dengan tahapan perkembangan yang berbeda satu sama lain. Jadi, jangan paksakan anak untuk dapat merangkak dengan instan. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba, Moms!