1. Periksakan Kesehatan Mulut Ke Dokter
Sebenarnya siapapun, dalam kondisi hamil atau tidak dianjurkan untuk selalu memeriksakan kesehatan giginya tiap 6 bulan sekali. Tapi, banyak sekali yang abai dengan hal ini. Kalau kamu salah satunya, maka coba mulai patuhi anjuran ini ya. Terutama kalau kamu merencanakan kehamilan. Sebaiknya lakukan pemeriksaan kondisi gigi dan gusi. Kehamilan meningkatkan risiko terjadinya gingivitis (radang gusi) lho, Moms. Untuk itu, waspadai hal ini dengan memeriksakan dan berkonsultasi dengan dokter ya. 
 

source: https://www.shutterstock.com
baca juga

2. Perhatikan Makanan dan Minuman 
Tahu enggak, Moms kalau makanan dan minuman yang kamu konsumsi berperan besar membuat gigi sakit. Oleh karena itu, perhatikan makanan dan minumanmu setiap hari ya. Kurangi asupan yang manis-manis, seperti gula, permen, soda, dan sebagainya yang berisiko membuatmu sakit gigi. Makanan dan minuman manis merupakan umpan buat bakteri dalam mulut sehingga menyebabkan sakit gigi. 
 

source: http://diabetesheal.com

3. Gosok Gigi Secara Teratur
Jangan abaikan soal ini, Moms. Meski tampak sepele, tapi menggosok gigi secara teratur dapat menghindarkan mulut dari berbagai penyakit. Dianjurkan agar menggosok gigi selama 4 menit di pagi dan sore hari untuk mengurangi plak. Plak yang menumpuk dapat menjadi cikal bakal penyakit gusi. 

4. Flossing 
Membersihkan sela-sela gigi menggunakan benang atau dental floss atau flossing ternyata cukup efektif untuk membuat gigi dan gusi tetap sehat.  Flossing merupakan salah satu cara terbaik untuk membersihkan plak dan mencegah terbentuknya tartar yang terlewatkan oleh sikat gigi. Selain itu, cara ini efektif untuk menghindarkan seseorang dari bau mulut.
 

source: http://www.telegraph.co.uk
baca juga

5. Konsumsi Cukup Kalsium dan Vitamin C
Kalsium dan vitamin C ternyata sangat bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi, sehingga membuatnya tetap kuat. Oleh karena itu, kamu perlu mengonsumsi makanan yang tinggi kalsium dan vitamin C setiap hari. Dua nutrisi ini banyak sekali ditemukan dalam buah dan sayur-sayuran. 
 

source: http://www.hindustantimes.com