1. Susui Bayi Sesering Mungkin
Boost ASI paling alami adalah dengan menyusui bayi sesering mungkin. Coba sodorkan payudara kepada bayi kapanpun kamu merasa si bayi akan menyusu. Kalau ia menolak maka jangan paksa untuk menyusuinya. Hindari juga menunggu bayi mengirimkan sinyal lapar dengan menangis, karena itu berarti kamu terlambat memberikan ASI. Semakin sering menyusui, maka ASImu juga akan semakin lancar. Hal ini sudah terbukti lho, Moms! 

2. Cek Perlekatan Apakah Sudah Benar
Selanjutnya, cek apakah perlekatan bayi saat menyusu sudah tepat atau tidak. Pastikan mulut bagi terbuka lebar dan bagian puting masuk ke bagian belakang mulut bayi. 
 

source: https://saludmovil.com

3. Hindari Dulu Penggunaan Pacifier, Nipple Shield dan Botol Susu
Kalau memang tidak benar-benar dibutuhkan, maka tidak usah menggunakan alat bantu menyusui dulu ya, Moms. Alasannya, karena hal ini malah akan menghambat produksi ASI. Lebih baik utamakan menyusui secara langsung, karena akan merangsang payudara untuk menghasilkan ASI yang banyak. 
 

baca juga

4. Dengarkan Kebutuhan Bayimu
Kamu pasti sering mendengar anjuran tentang waktu menyusui yang tepat. Tapi alangkah bagusnya kalau kamu lebih memahami kebutuhan si bayi. Kalau ia menyusu dalam waktu lama maka ia benar-benar sedang lapar. Apabila bayi berhenti sebelum waktunya, maka jangan paksa untuk lanjut menyusu. 

5. Jangan Bergantung pada Susu Formula
Biasanya pada awal menyusui, ASI akan sulit keluar sehingga tidak sedikit ibu yang menyerah dan memilih susu formula. Tapi, hal ini sesungguhnya keliru Moms!. Tetap lanjutkan menyusui dari payudara karena semakin lama ASI akan banyak. Kalau kamu malah memberikan susu formula, kemungkinan besar bayi tidak mau menyusu pada payudaramu lagi. 
 

source: http://www.stammnutrition.com

6. Perhatikan Asupan Makanan
Pastikan kamu mengonsumsi makanan bergizi untuk mendapatkan ASI yang cukup. Busui membutuhkan kalori lebih banyak daripada ibu yang tidak menyusui. Beberapa makanan yang disarankan seperti sayuran hijau, lemak baik seperti alpukat, telur, serta kacang-kacangan. Sebaliknya hindari makanan berkalori kosong seperti produk gula dan gandum. 

7. Skin to Skin Contact
Upayakan kamu selalu menyusui dan melakukan skin to skin contact dengan bayimu. Skin to skin ini akan merangsang hormon oksitoksin yang juga berperan dalam boost ASI. 
 

source: https://id.pinterest.com
baca juga
8. Minum Air yang Banyak
Tubuh akan haus saat menyusui, karena itu minumlah air yang banyak sedikitnya 10-13 gelas per hari. Kalau kamu kekurangan cairan, maka kamu akan lebih mudah terkena sembelit, dan penyakit perut lainnya. Selain itu, kamu jadi tidak fokus dan sulit berkonsentrasi. 
 
source: http://www.momjunction.com