Memberikan ASI merupakan hal yang sangat penting untuk bayi. Banyak manfaat yang bisa didapatkan oleh si bayi dan juga Moms, lho. Sayangnya, tak sedikit Moms yang galau karena harus kembali bekerja setelah melahirkan padahal bagaimana pun caranya, kebutuhan ASI si kecil harus tetap terpenuhi.

Nah, jika Moms mengalami situasi seperti itu cara salah satunya adalah dengan menstock ASI di rumah. Selain si kecil dapat dapat terpenuhi kebutuhan ASI-nya, memerah ASI ternyata juga banyak manfaatnya lho termasuk untuk Moms yaitu dapat mengurangi nyeri dan bengkak pada payudara Moms yang penuh karena ASI.

source: https://www.upstation.id



Dalam memerah ASI, sebenarnya ada dua cara yang dapat Moms lakukan yaitu dengan menggunakan tangan dan juga menggunakan pompa ASI atau pumping. Kebanyakan Moms saat ini lebih memilih menggunakan pompa dibanding tangan. Padahal memerah ASI menggunakan tangan dapat menghasilkan ASI yang lebih banyak lho Moms dan juga akan benar-benar membuat payudara Moms kosong.

Lalu, bagaimana caranya? Nah, berikut ini adalah cara mudah dan benar memerah ASI menggunakan tangan yang bisa moms ikuti.

  • Duduk dengan posisi yang nyaman dengan punggung tegak lurus
  • Bersihkan puting susu sebelum mulai memerah ASI.
  • Tekan sedikit payudara moms hingga ASI keluar sedikit kemudian oleskan ASI pada puting dan aroela karena ASI mengandung zat anti bakteri sehingga hasil ASI perah tetap aman dari bakteri dan kuman.
  • Setelah semua sudah siap, barulah moms memulai untuk memerah ASI yaitu dimulai dengan merangsang puting agar refleks hormon prolaktin dan oksitosin timbul.
source: http://www.maalaimalar.com
baca juga


 

  • Setelah itu letakkan ibu jari di atas puting dan jari telunjuk serta jari tengah berada dibagian bawah puting.
  • Jangan mengubah posisi apapun, mulailah mendorong payudara Moms ke arah dada dan kemudian lanjutkan ke arah depan seperti sedang memijat.
  • Bila Moms melakukannya dengan cara yang benar, maka kamu tidak akan merasakan sakit. Lakukanlah hal itu beberapa kali sampai ASI keluar. Dan penting diingat, yakinkan ASI tidak mengalir melalui jari telunjuk Moms, agar ASI tidak terbuang.
  • Setelah itu, pastikan Moms tidak memeras payudara dan juga puting, karena hal itu justru tidak akan berhasil membuat ASI keluar.

 

source: http://id.pinterest.com



Agar kualitas ASI tetap bagus dan tidak terkontaminasi oleh bakteri dan kuman. Sebaiknya tempatkanlah ASI ke dalam botol susu yang tertutup rapat atau dalam wadah khusus penyimpanan ASI. Jangan lupa untuk memberikan label pada botol atau wadah tersebut kapan waktu Moms memerah ASI. Semoga membantu!