1. Terlambat Menstruasi

Kehamilan inseminasi ditandai dengan menstruasi yang tertunda. Para ibu yang sulit hamil sudah pengalaman betul ketika mengetahui menstruasinya tertunda, namun ternyata tidak hamil. Tapi setelah melakukan inseminasi, Moms boleh sedikit merasa percaya diri bahwa Moms telah hamil. Ada baiknya kamu memastikan apakah kamu benar hamil atau tidak dengan memeriksakannya ke dokter. 

source: https://www.huggies.com.au


 

baca juga

2. Pendarahan atau Bercak Merah

Sama halnya dengan kehamilan normal, tanda awal kehamilan inseminasi juga bisa kamu kenali dengan terjadinya pendarahan implantasi atau bercak merah. Biasanya bercak merah berupa darah ini ditemukan pada celana dalam sekitar 2 minggu setelah kamu menjalani prosedur inseminasi. Selain bercak, kadang perut juga terasa sedikit kram. 
source: http://www.theperiodblog.com


 

3. Payudara Sensitif

Saat hamil lewat metode inseminasi buatan, maka tanda lain yang memberitahumu kalau prosedur itu benar-benar berhasil adalah terjadi perubahan pada payudara. Payudara jadi lebih sensitif daripada biasanya, lembut dan terasa sakit. Apabila ternyata perubahan payudara ini terjadi sampai melewati jadwal menstruasimu, maka segera konsultasikan kondisi ini dengan dokter ya, Moms!
 

source: https://www.rd.com


 

baca juga

4. Lemas dan Lelah

Kalau kamu merasa tidak berenergi dan cepat lelah setelah menjalani inseminasi buatan, maka kemungkinan itu menjadi tanda awal kehamilan. Lemas dan lelah ini terjadi karena adanya perubahan dalam tubuh, seperti perubahan hormon, meningkatnya hormon progesteron yang mengakibatkan tubuh mudah lelah dan mengantuk. Selain itu, energi terkuras karena digunakan untuk meningkatkan produksi darah ke tubuh. 

Nah, saat merasakan kondisi ini maka sebaiknya mulai hati-hati dalam beraktivitas dan banyak beristirahat. Hal ini perlu kamu lakukan untuk menjaga janin tetap berkembang dengan baik di dalam rahim.
 

source: https://123mymd.files.wordpress.com


 

5. Mengidam

Sama halnya pada kehamilan normal, kamu juga mungkin akan mengalami masa-masa mengidam pada makanan tertentu. Selain itu, indra penciumanmu lebih sensitif sehingga membuat ingin muntah setelah menghirup aroma makanan yang tidak kamu sukai. Kalau kamu mengalami tanda-tanda ini, maka segera pastikan apakah kamu benar-benar hamil atau tidak ya, Moms! 
 

source: http://www.babyinfo.com.au