1. Felt Book

Sudah banyak felt book yang dijual, tapi daripada kamu membelinya, mending bikin sendiri di rumah, Moms. Bahan yang diperlukan dan cara membuatnya mudah saja kok. 

Alat dan Bahan: 
Kain flanel warna-warni
Gunting
Benang 
Jarum
Tali
 

source: https://www.youtube.com

Cara Membuat: 

1. Potong kain flanel persegi panjang atau sesuai ukuran buku sebanyak 5-6 buah, atau bisa kamu sesuaikan dengan kebutuhan. Pada tahap ini, sebaiknya pilih kain flanel yang berwarna agak gelap. 

2. Lalu gunting kain flanel yang lain (pilih yang berwarna cerah) menjadi bentuk angka, huruf, buah, maupun bentuk yang lain. Di sini tergantung kamu, Moms ingin mengisi apa di felt book Si Kecil.

3. Tempelkan aneka bentuk tersebut pada lembaran kain flanel. Sebaiknya dijahit dengan jarum dan benang, dan hindari menggunakan bahan kimia, karena bisa membahayakan kesehatan anak. 

4. Setelah semuanya tertempel dengan baik, satukan lembaran dengan menggunakan tali ataupun pita. Untuk hasil yang lebih rapi, kamu bisa menyatukan semua lembaran kain dengan menjahitnya. 

5. Nah, sekarang felt book Si Kecil sudah jadi. Mudah kan, Moms! 


 

baca juga

2. Boneka Jari

Alat dan Bahan: 
Kain Flanel 
Jarum
Benang
Gunting 
Lem Tembak
 

source: https://ratugallery.wordpress.com
Cara Membuat: 

1. Gambar pola kepala (misalnya jerapah) di atas kain flanel berwarna oranye. Untuk satu jerapah, harus membuat 2 pola, untuk bagian depan dan belakang. 

2. Setelah itu, buat telinga, tanduk dan mulut jerapah. Untuk telinga, gunakan bahan flanel oranye, warna sama dengan kepala. Untuk tanduk dan mulut, kamu bisa memilih warna putih. 
Tempelkan semua potongan dengan lem, sehingga menyerupai kepala jerapah yang utuh. 

3. Satukan pola depan dan belakang dengan jahitan.

4. Lalu, buat badan jerapah yang besarnya bisa dimasukkan jari. Buat 2 pola, depan dan belakang. Satukan kedua pola dengan menjahitnya. 

5. Setelah semuanya selesai dijahit dengan rapi, saatnya membuat mata dan hidung untuk jerapah. Potong bahan flanel dengan ukuran kecil, lalu tempel dengan lem. 

6. Taraa! Mainan anak berupa boneka jari jerapah sudah selesai. Nah, Moms bisa mengikut langkah-langkah ini untuk membuat bonek jari hewan yang lain. 

Selamat bermain bersama Si Kecil ya, Moms!