1. Pil Kombinasi (COC)

Pil KB estrogen dan progestin disebut pil kombinasi. Mereka adalah jenis pil KB yang paling umum. Sebagian besar pil kombinasi datang dalam kemasan 28 hari atau 21 hari. Kamu terlindungi dari kehamilan selama kamu meminum 1 pil setiap hari. Kamu tidak harus membawanya pada waktu yang sama setiap hari, namun hal itu membantu menjaga kebiasaan kamu mengingat pil ini. Kamu juga dapat menggunakan aplikasi alarm, pengingat, atau kontrasepsi untuk membantu mengingatkan kamu.

source: http://www.alodokter.com

Paket 28 Hari

Minum 1 pil setiap hari selama 28 hari (empat minggu), dan kemudian mulai bungkus baru pada hari ke 29. Pil terakhir dalam paket pil kombinasi 28 hari tidak memiliki hormon di dalamnya. Pil bebas hormon berbeda-beda durasi penggunaannya. Paling umum kamu akan minum pil bebas hormon selama 7 hari, tapi terkadang kurang. Pil ini disebut pil "pengingat" atau "plasebo". Ini membantu mengingatkan kamu untuk minum pil setiap hari dan memulai paket berikutnya tepat waktu. Bahkan jika kamu tidak memakainya, kamu akan terlindungi dari hamil jika menggunakan.

Paket 21 Hari

Minum 1 pil setiap hari selama 21 hari (tiga minggu) berturut-turut. Kemudian jangan minum pil selama tujuh hari (minggu keempat). Kamu akan mendapatkan menstruasi selama minggu keempat sementara kamu tidak minum pil apapun. Penting untuk meminum setiap pil dalam kemasan 21 hari karena tidak ada pil pengingat (bebas hormon). Pil hormon akan mencegah kehamilan bahkan jika kamu melakukan hubungan seks selama seminggu bila kamu tidak minum pil apapun. Mulailah paket kamu berikutnya setelah tidak meminum pil selama tujuh hari. Kamu mungkin ingin menggunakan alarm atau pengingat untuk membantu kamu tetap rutin menggunakannya.

Paket 91 Hari

Beberapa pil kombinasi memiliki kandungan hormon selama 12 minggu berturut-turut, diikuti hingga 1 minggu pil pengingat. Kadi kamu hanya akan menstruasi setiap tiga bulan sekali. Hormon akan mencegah kehamilan meski kamu melakukan hubungan seks selama minggu pil pengingat. Merek pil lainnya juga bisa digunakan untuk melewatkan menstruasi kamu dengan melewatkan pil pengingat.

source: https://www.kompasiana.com
baca juga

2. Progestin-Only Pills (Mini Pills)

Pil progestin hanya memiliki satu jenis hormon (progestin). Pil kb ini tidak mengandung estrogen. Kamu harus minum pil progestin dalam tiga jam yang sama setiap hari untuk dilindungi dari kehamilan. Misalnya, jika kamu meminum pil progestin kamu pukul 12:00, meminumnya setelah pukul 15:00 keesokan harinya membuat kamu berisiko hamil. Aplikasi alarm, pengingat, atau kontrasepsi dapat membantu kamu mengonsumsi pil tepat waktu.

Pil progestin hanya terdapat dalam kemasan 28 hari (empat minggu). Semua 28 pil memiliki hormon. Kamu harus minum setiap pil dalam kemasan progestin untuk dilindungi dari kehamilan, tidak ada minggu bebas hormon. Kamu mungkin mengalami menstruasi kamu selama minggu keempat. Kamu juga bisa mengalami pendarahan sepanjang bulan (spotting), atau tidak mendapatkan periode sama sekali.

source: http://www.soc.ucsb.edu/