1. Bersihkan Bokong Bayi

Jika Moms tidak memiliki tisu bayi, gunakan kain lembab atau kain kasa. Jangan gunakan apapun yang terasa sangat abrasif. Jika terasa kasar bagi kamu, demikian juga untuk bayi. Pastikan untuk menjadi komprehensif saat membersihkan, periksa setiap sudut dan celah yang tersisa untuk mencegah infeksi atau ruam.

Tips:
- Bila Moms membersihkannya, lakukan dari depan ke belakang (terutama dengan anak perempuan) untuk menghindari infeksi.
- Jaga agar anak tetap tegak saat Moms membersihkan tinjanya lebih dulu, lalu bersihkan sisanya. Saat Moms menggunakan lap, letakkan tisu bekas di dalam pampers bayi kotor yang baru saja Moms buang.
- Setelah selesai, tunggu area kelamin dan pantat Si Kecil sampai kering atau keringkan dengan handuk bersih jika masih basah.
- Untuk mencegah ruam, Moms bisa menggunakan beberapa krim atau petroleum jelly sebelum memakaiakan popok baru.

source: http://palembang.tribunnews.com/

2. Menempatkan Popok Baru

Bawa popok bersih ke posisinya. Ambil setengah bagian depan popok bersih di samping tabir samping dan bawakan ke pinggang Si Kecil. Moms pasti ingin memastikan bahwa sisi-sisinya tidak terlalu ketat, dan ruffle menghadap ke luar di sekitar kaki untuk mencegah kebocoran (yang dapat menyebabkan gatal dan ruam popok).

Tips :
- Jika anak laki-laki, arahkan alat kelaminnya ke arah kakinya agar terhindar dari kencing di atas popok dan masuk ke dirinya sendiri.
- Bila bayi baru lahir, posisikan popok sehingga tidak menutupi tunggul tali pusar. Ada popok khusus yang dibuat untuk bayi baru lahir dengan lipatan di tempat ini.
- Sebelum menempelkan popok, pastikan kaki bayi menyebar dan ada ruang sebanyak mungkin.

source: http://www.anneahira.com
baca juga

3. Kencangkan Popok

Gunakan tab pada kedua bagian dan tempelkan keduanya untuk mengencangkan popok baru. Sekali lagi, pastikan kecocokannya sedemikian rupa sehingga tidak terlalu ketat tapi tidak akan melorot. Periksa untuk melihat apakah ada pengikat sebelum mengganti pakaian mereka.

source: https://www.popsugar.com

4. Pindahkan Bayi di Tempat Bersih

Setelah popok baru diamankan, pindahkan bayi Moms ke area yang aman sehingga mereka dapat ditinggalkan tanpa pengawasan, seperti playpen mereka. Kemudian kembali ke area ganti untuk membersihkan apa saja yang tertinggal. Cuci tangan Moms segera setelah itu untuk membersihkan diri dari sisa-sisa bakteri atau kotoran yang mungkin menempal pada area tangan.

source: http://ibudanmama.com/