Alergi Shampo atau Hair Lotion


Hal pertama yang harus Moms periksa adalah shampo atau hair lotion yang kamu gunakan untuk bayimu. Alergi pada shampo atau hair lotion yang tidak sesuai dapat membuat rambut pada bayi rontok dan menipis. Segera cari informasi mengenai produk perawatan rambut yang aman bagi pertumbuhan dan perkembangan rambut Si Kecil.
 

source: http://123tahun.com/rambut-rontok-pada-bayi-bahayakah/


 

Trikotilomania


Selanjutnya, penyebab lain yang dapat menyebabkan rambut rontok pada bayi adalah trikotilomania. Trikotilomania adalah sebuah situasi saat rambut di kepala hilang dalam volume yang besar akibat dorongan untuk menjambak atau menarik rambut sendiri. Tidakan ini adalah sebuah tindakan impulsif yang tidak disadari karena stress dan emosi pada bayi.
 

source: https://perawatanbayi.com/


 

baca juga

Posisi Tidur Yang Tidak Pernah Berubah


Jika kerontokan hanya terjadi pada satu sisi rambut sehingga menyebabkan bagian rambut menjadi tipis sebelah, kamu perlu memeriksa posisi tidur si kecil. Posisi tidur yang tidak pernah berubah dapat membuat bagian kepala yang tertekan menjadi terhambat proses pertumbuhan rambutnya. Jadi, sebaiknya kamu membiasakan bayi tidur dengan kondisi dan posisi yang berubah-ubah.
 

source: https://www.babycenter.com/baby-sleep-basics


 

Tinea Capitis


Tinea capitis atau yang biasa disebut sebagai kurap pada kulit adalah kondisi saat kulit mengalami infeksi jamur. Hal ini sebenarnya biasa timbul pada anak-anak. Biasanya ditandai dengan kulit yang memiliki bercak putih bersisik atau bahkan titik-titik hitam pada kulit kepala bayi. Kondisi ini biasanya dapat menghambat tertutupnya pori-pori bayi.
 

source: http://www.babyrashclinic.com/


 

baca juga

Penurunan Kadar Hormon


Sebelum lahir, bayi memiliki kadar hormon yang tinggi dalam tubuhnya. Hormon ini diperoleh dari Sang Ibu saat masih mengandung Si Bayi. Namun, ketika bayi sudah tidak dalam kandungan, kadar hormon tersebut akan berangsur-angsur menurun. Hal ini lah yang menyebabkan rambut pada bayi baru lahir mudah sekali rontok. Tapi, kamu jangan khawatir, kondisi ini tidak akan bertahan lama karena fase ini dapat disebut sebagai fase istirahat di mana kulit kepala berhenti sejenak dalam proses penumbuhan rambut. Setelah itu, rambut akan kembali tumbuh subur dan lebat.
 

source: https://www.penumbuhrambuttradisional.com/


Nah, itulah beberapa hal yang perlu Moms ketahui saat melihat rambut bayimu mulai rontok. Segera konsultasikan pada dokter anak jika rambut rontok tidak kunjung berhenti pada periode waktu yang lama.