Beragam mainan anak kini sudah semakin berkembang dengan variasi bentuk dan jenis yang menarik. Akan tetapi, banyak di antara mainan tersebut memiliki risiko yang sangat berisiko bagi perkembangan anak dan bahkan berbahaya secara fisik. Oleh karena itu, penting buat kamu, para orang tua untuk dapat cermat dalam menentukan mainan yang layak untuk anak-anak.
 

source: http://unsafeproducts.com/childrens-products/toys/


 


Fidget Spinner

Apakah anakmu cukup up to date dengan mainan yang sedang populer dimainkan oleh para remaja hingga anak-anak ini? Ya, fidget spinner adalah salah satu mainan yang konon dikatakan mampu membuat anak yang sulit konsentrasi lebih mudah untuk mendapatkan fokusnya dalam periode waktu yang lama. Namun, tahukah kamu bahwa fidget spinner juga memiliki bahaya yang dapat dirasakan oleh yang memainkannya? Dikabarkan beberapa anak tidak sengaja menelan potongan bagian dari fidget spinner. Hal ini tentu sangat mengkhawatirkan karena mengancam keselamatan dari si anak itu sendiri.
 

Ketika menyampaikan laporan keselamatan untuk musim panas, “World Against Toy Causing Harm” atau disingkat menjadi WATCH yang berkantor di Boston hari Rabu (21/6) mengatakan “fidget spinner” – yang sudah dilarang di banyak sekolah – bisa terpisah menjadi pecahan-pecahan kecil yang menimbulkan bahaya tersedak. WATCH mengatakan baru-baru ini beberapa anak di Texas dan Oregon telah dilarikan ke rumah sakit karena tertelan potongan “fidget spinner”.
source: https://www.voaindonesia.com/a/fidget-spinner-mainan-anak-berbahaya-/3910501.html


 

baca juga
source: http://www.sbs.com.au/


 


Pistol Mainan

Pikirkan lagi saat kamu akan memberikan pistol mainan dengan peluru karet pada anak. Mainan ini jelas sangatlah berbahaya jika dimainkan oleh anak-anak. Meskipun hanyalah sebuah mainan, pistol dengan pelatuk dan peluru karet juga akan menimbulkan rasa sakit pada siapa pun yang ditembak. Apalagi jika peluru yang digunakan tidak sengaja tertelan atau masuk ke dalam lubang lain seperti hidung dan telinga, bahkan bisa mencedeari mata. Sudah banyak kasus terkait mainan berbahaya ini yang membuktikan bahwa mainan ini memang sebaiknya dihindari untuk anak-anak.

source: https://www.youtube.com/watch?v=rked6UjNlk0


 

baca juga


Sky Dancer (Boneka Terbang)

Terakhir, kamu perlu mewaspadai mainan dengan baling-baling seperti pesawat terbang, helikopter, ataupun boneka terbang yang juga pernah populer di Indonesia. Jika dibiarkan mainan dengan baling-baling ini dapat terbang menuju wajah anak dan melukai mata, gigi, hingga bagian tubuh lain hingga mengancam keselamatan si anak. 

 

Perusahaan pembuat mainan ini menerima laporan 150 pengaduan di antaranya, tulang rusuk patah, luka wajah, gegar otak, patah gigi hingga kebutaan sementara.
source: http://citizen6.liputan6.com/read/2420113/waspada-5-mainan-anak-anak-ini-ternyata-membahayakan


 

source: https://mom.me/


Nah, itulah beberapa mainan yang harus kamu hindari agar anakmu tetap dapat bermain dengan nyaman dan aman.