Mainan Dengan Bahan Kimia Berbahaya


Jenis mainan pertama yang perlu Moms hindari untuk diberikan pada bayi adalah mainan dengan kandungan bahan kimia yang berbahaya. Mainan seperti ini tidak harus berupa mainan dengan bahan-bahan cair yang beracun, tetapi juga mainan dengan warna-warni yang menggunakan cat berbahaya. Tidak hanya itu, kamu juga perlu mewaspadai mainan yang mengandung magnet. Anak bayi di bawah tiga tahun biasanya sangat gemar memainkan mainan dengan memasukannya ke dalam mulut. Jika bahan-bahan kimia ini tertelan, tentu akan berakibat fatal pada kesehatan bayi,
 

Magnet neodymium berukuran kecil yang kerap dipakai oleh produsen mainan memang tampak tak berbahaya, tetapi magnet ini 20 kali lebih kuat dibandingkan dengan magnet kulkas. Karena itulah magnet ini berakibat fatal kalau sampai tertelan karena bisa menyebabkan kerusakan usus.
source: http://lifestyle.kompas.com/read/2013/05/20/12051183/Bahaya.Menelan.Magnet.pada.Anak


 

source: https://health.clevelandclinic.org/


 

baca juga

Mainan Dengan Ukuran Kecil dan Warna Mencolok


Kedua, kamu juga perlu mewaspadai keberadaan mainan yang memiliki ukuran kecil dan warna yang mencolok. Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, bayi memiliki kecenderungan untuk memasukan apapun yang ia pegang ke dalam mulutnya. Hal ini wajar, bisa jadi ini disebabkan gusi yang gatal karena gigi yang akan tumbuh. Namun, jika mainan yang kamu berikan terlalu kecil dapat berisiko tertelan sehingga membahayakan tubuh Si Kecil. Selain itu, warna yang mencolok dapat membuat bayi lebih tertarik dan ingin segera menggigitnya. Warna mencolok juga mengindikasi cat yang berbahaya.
 

source: https://www.parentmap.com/


 

Mainan Dengan Sisi Tajam dan Runcing


Selanjutnya, kamu juga perlu untuk menghindari pemberian mainan yang memiliki sisi tajam dan runcing. Mainan seperti ini sangat berbahaya karena dapat melukai kulit atau bahkan mencolok mata Si Kecil. Hindari juga mainan dengan komponen besi karena dapat berisiko melukai.

 

source: https://www.thespruce.com/


 

baca juga

Mainan Beroda Yang Bergerak


Jika kamu bermaksud membelikan mobil-mobilan kecil pada anakmu, baiknya tunggu hingga bayimu sudah mulai bisa berjalan dan memiliki keseimbangan yang kuat. Jangan berikan mainan seperti ini pada bayi yang masih merangkak atau bahkan baru dapat tengkurap. Tentu mainan seperti dengan roda yang bergerak akan berisiko menimbulkan kecelakaan pada Si Kecil. Kalau pun aman, mainan serupa yang dapat kamu berikan pada bayi adalah mainan berbentuk mobil yang terbuat dari bantal.
 

source: https://www.amazon.co.uk/