1. Gatal

Di awal-awal kehamilan, kamu mungkin akan menggaruk badan sepanjang hari, karena terasa gatal di mana-mana. Bahkan, kamu enggak bisa tidur nyenyak di malam hari gara-gara rasa gatal itu. Hmm... gatal merupakan salah satu tanda kehamilan, Moms. Jadi jangan khawatir berlebihan tentang hal ini ya! 
 

source: https://www.huggies.com.au


 

baca juga

2. Kulit Berubah

Duh, kulitmu yang selama ini mulus, tiba-tiba saja ditumbuhi jerawat. Yup, perubahan kulit akan kamu alami saat hamil, akibat hormon yang meningkat dalam tubuh. Tapi enggak usah khawatir, karena akan kembali normal setelah beberapa bulan atau pasca melahirkan. 
Ada juga lho, yang kulitnya malah jadi lebih glowing dan mulus saat hamil. Semoga saja, kamu salah satu yang mengalaminya, Moms!
 

source: http://vineveracosmetics.com


 

3. Napas Terengah-engah

Seiring dengan bertambahnya usia kehamilan, perutmu akan semakin membuncit dan berat badan juga bertambah. Akibatnya, napasmu sering terengah-engah apalagi saat sedang beraktivitas. Napas sedikit sesak mungkin diakibatkan karena rahim yang semakin membesar dan memengaruhi paru-paru yang bekerja untuk menghirup dan mengeluarkan udara. 
 

source: https://www.youtube.com


 

baca juga

4. Mimpi Aneh

Percaya enggak percaya tapi, kehamilan bisa membuatmu bermimpi aneh dan belum pernah kamu alami sebelumnya. Ada kalanya kamu akan sering bermimpi buruk ataupun mimpi yang sulit dijelaskan. Beberapa contoh mimpi absurd itu misalnya kamu betermu zombie, jalan-jalan ke luar angkasa, dan sebagainya. Pernah mengalami hal ini, Moms? 
 

source: http://thewigleyfamily.com


 

5. Insomnia

Jika biasanya kamu kesulitan bangun pagi, maka saat hamil kamu akan sering terbangun terutama saat subuh dan akan sulit tidur lagi. Sering juga kamu terbangun gara-gara bayi dalam rahim merasa kelaparan. Mau enggak mau kamu makan lagi di pagi-pagi buta. Hihi!
 

source: http://www.alittlelondoner.com


 

6. Mudah Lupa

Lupa meletakkan handphone, mematikan AC bahkan lupa dengan jadwal kontrol kandungan ke dokter, bisa saja kamu alami selama kehamilan. Banyak bumil yang mengakui kalau daya ingat mereka seolah merosot kala hamil. Hmm... mungkin saja ini salah satu efek perubahan hormon. Oleh karena itu, selalu catat jadwal aktivitas dan janji bertemu dokter di diarymu, biar kamu enggak melewatkannya ya, Moms!
 

source: https://www.huffingtonpost.com


 

7. Super Lelah

Ya, banyak bumil yang merasa mudah lelah saat hamil meski sedang tidak beraktivitas. Bahkan ada pula yang mengeluh kelelahan ekstrim dan yang belum pernah dirasakan sebelumnya. Mungkinkan bayi dalam rahim menyerap energi dan semua nutrisi dalam tubuh Sang Ibu? Entahlah, tapi kelelahan cukup normal dirasakan selama hamil, kok.
 

source: https://thenewageparents.com