1. Latih Sedini Mungkin

Moms, seberapa sering kamu mengajak bayi bicara sejak dalam kandungan? Menurut penelitian, mengajak bayi mengobrol selama hamil, akan membuat perkembangan bahasanya lebih cepat lho! Sejumlah penelitian telah mengungkapkan kalau bayi dapat mendengar hal-hal yang diucapkan sang ibu meski masih berada di dalam rahim.

Banyak cara yang bisa ibu lakukan saat melatih bayi bicara, misalnya menyanyikannya lagu atau memutar musik, membacakannya buku cerita, dan bercerita tentang hal-hal sehari-hari kepada bayi. Ajak ia mengobrol sambil mengelus-elus perut, supaya bayi bisa merasakan suara sekaligus sentuhanmu ya, Moms!
 

source: https://www.todaysparent.com


 

baca juga

2. Membacakan Buku

Cara yang cukup efektif dalam mengajari bicara adalah membacakannya buku. Meski bayi belum bisa memahami isi cerita, tapi tetap lanjutnya membaca buku untuknya ya, Moms! Tanpa kamu sadari, otak bayi akan merekam kata-kata tertentu, terutama jika diucapkan berulang, sehingga menjadi familiar untuknya. 

Waktu tepat membacakan bayi buku adalah saat kamu sedang bersantai, dan bayi sedang dalam kondisi tidak mengantuk. Pilihlah isi cerita yang menyenangkan sehingga membuatmu tidak bosan membacanya. Selain itu, mainkan intonasi agar bayi juga bisa menikmatinya. 
 
source: http://integratedlistening.com


 

3. Mengajak Bayi Playdate

Kemampuan bicara bayi akan stagnan jika jarang ada hal-hal yang merangsangnya untuk berbicara. Agar kemampuan bicaranya keluar secara alami, maka sebaiknya sering-sering membawa bayi bertemu dengan teman-teman sebayanya atau anak yang lebih tua yang sudah lancar berbicara. Awalnya mungkin bayi hanya bisa berkomunikasi dengan bahasa isyarat dengan teman-temannya yang lain, namun setelah itu secara perlahan ia bisa berkomunikasi secara verbal. Bayi akan cepat berbicara jika lingkungannya mendukung. 
 

source: http://pregnancyandbaby.com


 

baca juga

4. Respon saat Bayi Mencoba Bicara

Berbicara 2 arah sangatlah penting. Saat kamu mengajak bayi berbicara dan ia kemudian meresponnya, maka respon kembali, Moms! Misalnya saat bayi sedang mengoceh saat melihat ayahnya yang sedang masuk ke kamar, maka respon dengan berkata, "Iya, nak itu papa sudah datang!"  Dengan meresponnya, maka bayi akan senang sehingga terus ingin berbicara. Kamu juga bisa merespon ocehan bayi yang diluar topik. Kreatiflah dalam merespon hal-hal yang diucapkan si bayi ya, Moms. 

 

source: http://www.babycouture.in



 

5. Matikan TV

Kamu mungkin berasumsi kalau menonton televisi efektif membuat bayi berbicara. Hmm...sebernarnya enggak salah, tapi kurang tepat, Moms! Sebaiknya jangan mengandalkan TV dalam mengajari anak berbicara ya. Kenapa? karena TV merupakan media komunikasi satu arah. Lebih baik, waktu menonton TV kamu ganti dengan mengajaknya bermain ataupun berplaydate bersama teman-temannya. Selain bisa saling berkomunikasi, bermain bersama juga bisa mengembangkan kemampuan sosial bayi dalam bergaul. 
 

source: https://muslimvillage.com