1. Berolahraga Ringan 

Meski sudah hamil tua olahraga harus tetap Moms lakukan menjelang persalinan normal. Hal tersebut membantu melancarkan peredaran darah dari kaki hingga kepala. Jika peredaran darah lancar maka tidak akan timbul gangguan fisik seperti sakit kepala menjelang waktu melahirkan nanti. Lakukan olahraga ringan seperti berjalan kaki di waktu pagi atau sore hari. 

source: https://babycenter.com

2. Body Spa

Jika kehamilan ini adalah yang pertama kali buat Moms, wajar bila timbul rasa stres dan takut menjelang persalinan normal. Agar pikiran moms tenang sebaiknya lakukan body spa dan pijatan-pijatan lembut yang dapat membuat tubuh rileks. Sebaiknya lakukan pijatan di sekitar kepala serta pundak agar peredaran darah di kepala lancar dan rasa pegal di pundak hilang. Gunakan krim untuk memijat yang berbahan dasar alami seperti buah-buahan, madu dan juga minyak zaitun. Ingat Moms! Jangan menggunakan cream berbahan kimia yang dibuat dengan pewangi buatan, karena berbahaya bagi janin. 

source: http://www.imagemassagetherapy.com
baca juga

3. Ikuti Kelas Ibu Hamil

Mengikuti kelas ibu hamil menjelang waktu melahirkan dapat membuat Moms memahami proses persalinan. Jika sudah mengetahui tahap demi tahap proses persalinan, maka Moms akan lebih berani dan tenang saat melahirkan nanti. Selain itu jangan lupa untuk mengikuti senam hamil yang betujuan untuk memelajari cara mengatur nafas saat melahirkan normal nanti. 

source: https://www.popsugar.com

4. Dengarkan Musik dan Ajak Si Kecil Berkomunikasi

Ikata batin antara ibu dan anak sangatlah erat dan meski bayi masih di dalam kandungan ia bisa merasakan sentuhan dan suara Ibunya. Nah, untuk menghilangkan rasa takut menjelang persalinan, ajaklah si kecil berkomunikasi. Selain itu Moms juga bisa sembari mendengarkan musik di sore hari untuk menenangkan pikiran dan membuat perasaan menjadi tenang. 

source: https://shutterstock.com