Anak Kurang Percaya Diri


Pada dasarnya, setiap anak selalu memiliki rasa ingin tahu dan mengeksplor hal-hal baru. Akan tetapi, seiring berjalannya waktu, ada banyak kondisi yang menyebabkan anak lebih memilih untuk diam dan tidak melakukan apapun. Hal ini dapat disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah pola pendidikan dari orang tua.

 

source: http://www.dailymail.co.uk/

Tips Mendidik Anak Agar Percaya Diri


Memperlakukan anak dengan berlebihan dapat menghambat perkembangan mental anak dapat menghadapi tantangan dan masalah. Untuk itu, kamu perlu untuk memahami cara mendidik anak yang baik agar ia lebih percaya diri.
 

  1. Berhenti mengontrol anak. Sikap orang tua yang terlalu mengatur segala hal menyangkut anak akan membuat mereka takut untuk mengambil keputusan dan mencoba hal baru. Sebaliknya, kamu harus bisa melatih mereka untuk dapat yakin tentang apa yang ia inginkan.
  2. Ingat, hal utama adalah pembelajaran. Jika anak berbuat salah atas keputusan atau keinginannya. Jangan memberi respond dengan memarahinya. Sebaliknya, ajak ia diskusi untuk memotivasinya lebih baik lagi. Hindari membuat anak trauma untuk mencoba hal baru.
  3. Biarkan anak melakukan segala sesuatu sendiri. Jangan terlalu sering membantu dan memfasilitasi anak dalam mengupayakan sesuatu. Biarkan ia mencoba dan melakukan hal baru. Tekankan pada mereka, hasil tidak penting, jadi jangan takut untuk salah atau gagal.
  4. Apresiasi saat ia berhasil ataupun gagal menyelesaikan masalah. Memberikan apresiasi, minimal berupa pujian, dapat membuat anak lebih percaya diri. Jika ia gagal, berikan pula apresiasi atas keberaniannya.
  5. Jadilah teman yang baik. Jangan menjadi orang tua jika kamu akan bertindak mengatur dan mengawasi. Jadilah teman yang dapat mendengarkan keluh kesah dan kekhawatiran anak. Buat ia lebih termotivasi dan semangat dalam melakukan hal baru.
source: https://www.mindbodygreen.com/
baca juga


Nah, itulah beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan dalam mendidik anak agar lebih percaya diri. Semoga bermanfaat, ya!