1. Aneka Snack

Snack atau jenis camilan crackers adalah makanan penyebab gigi anak rusak karena makanan ringan tersebut banyak mengandung karbohidrat dan perasa buatan. Ketika snack sering dikonsumsi oleh si kecil maka akan berubah menjadi gula yang menyebabkan gigi berlubang. Sebaiknya hindari snack yang memiliki perasa buatan yang tajam atau pemanis buatan. 
 

source: http://www.foodtalk.org.uk



 

2. Makanan yang Lengket

Mengonsumsi makanan yang bertekstur lengket seperti gulali, dodol atau permen jelly dapat berisiko gigi anak menjadi geripis hingga berlubang. Karena makanan yang lengket lebih mudah menempel pada gigi dan sulit dibersihkan sehingga mengendap pada rongga-rongga gigi anak.
 

source: https://www.candyclub.com



 

baca juga

3. Lemon atau Buah Asam

Lemon memiliki kandungan asam yang sangat tinggi sehingga berisiko merusak email gigi pada anak. Jika email gigi sudah menipis maka kerusakan gigi akan lebih mudah terjadi seperti gigi bolong dan geripis. 
 

source: https://themastercleanse.org



 

4. Kue Cokelat atau Manis

Makanan penyebab gigi anak rusak  lainnya adalah kue yang menggunakan bahan dasar cokelat dan memiliki kadar gula yang sangat tinggi. Selain itu bakteri pada makanan manis sangat suka menempel di gigi dalam waktu yang lama. Hal itu bisa menyebabkan gigi anak perlahan-lahan menjadi berlubang. 
 

source: http://i.huffpost.com