Manfaat Tomat Untuk Kecantikan
​​​​​​

Manfaat buah berwarna oranye kemerahan ini untuk kecantikan antara lain dapat membersihkan kulit wajah sehingga membuatnya tampak cerah, mengatasi kulit berjerawat, dapat mengurangi kadar minyak pada kulit, menyembuhkan kulit terbakar akibat sengatan sinar matahari sampai dengan dapat mengecilkan pori-pori, Moms.

Oleh karenanya, tak heran jika beberapa produk masker wajah pun kini kerap memasukkan tomat ke dalam bahan dasar utama, karena memang terdapat beragam kandungan manfaat dalam buah tomat yang sangat cocok untuk mengatasi berbagai permasalahan pada kulit. Manfaat masker tomat untuk kulit dan wajah diantaranya:

  • Mencerahkan dan memutihkan kulit
  • Menghaluskan kulit
  • Mengecilkan pori-pori kulit yang besar
  • Membersihkan kotoran pada kulit
  • Menghilangkan komedo
  • Mengurangi lingkaran hitam pada mata dan noda gelap di wajah
  • Menenangkan kulit dari stres
  • Memberi perlindungan kulit dari sinar UV sebagai tabir surya alami
  • Mencegah tanda penuaan
  • Melembapkan kulit

Masker Tomat dan Madu
​​​​​​

Sebagai masker, tomat juga dapat dipadukan dengan bermacam-macam bahan berkhasiat lainnya seperti salah satunya madu, Moms. Masker tomat dan madu bermanfaat untuk memutihkan kulit kusam secara alami dengan waktu yang cukup singkat loh.

Cara membuat masker tomat dengan madu yaitu Moms siapkan 1 sdm tomat yang sudah dihaluskan dan 1 sdm madu. Lalu campurkan kedua bahan tersebut dan aduk sampai rata tercampur. Setelah itu oleskan pada kulit wajah dan diamkan semalaman. Keesokan paginya, bilas masker hingga bersih. Buktikan dan rasakan sendiri hasil dan perbedaanya, Moms!

baca juga

Masker Tomat dan Susu

Susu sudah lama terkenal digunakan dalam campuran produk perawatan kulit yang berguna untuk memutihkan kulit. Manfaats tomat yang disatukan dnegan susu dalam sebuah masker tentu akan menghasilkan masker pencerah kulit wajah alami yang efektif nih, Moms.

Untuk membuat masker tomat dan susu, haluskan buah tomat secukupnya, lalu tambahkan 2 sdm susu cair. Aplikasikan pada wajah yang telah dibersihkan sebelumnya selama 5 – 15 menit. Kemudian bilas wajah dengan air, Moms.

Masker Tomat dan Gula
​​​​​​

Selain dapat dikombinasikan dengan bahan-bahan cair seperti susu dan madu, tomat juga bisa dicampurkan dengan gula pasir sebagai masker sekaligus scrub wajah Moms. Masker tomat dan gula berfungsi untuk melembapkan sekaligus membuat kulit jadi tampak lebih cerah.

Caranya cukup haluskan tomat secukupnya, lalu campurkan 2 sdm gula pasir. Aduk hingga kedua bahan tercampur. Oleskan pada wajah dan tunggu hingga setengah mengering, bila perlu gosok lembut wajah dengan tangan untuk menggunakan gula yang menempel sebagai butiran scrub. Lalu bilas wajah hingga bersih.

baca juga

Masker Tomat dan Lemon
​​​​​​

Paduan masker tomat dan lemon memiliki manfaat untuk mengurangi minyak berlebih, jerawat dan komedo sekaligus mencerahkan, Moms.

Untuk membuatnya, haluskan 1 buah tomat ukuran sedang dan lemon. Campur hingga membentuk pasta. Sebelum menggunakan masker tomat dan lemon, Moms bisa juga melakukan scrub wajah menggunakan air oatmeal. Kemudian baru aplikasikan masker tomat dan lemon selama 20 menit pada wajah. Tunggu hingga air lemon meresap dan bilas wajah dengan air hingga bersih, Moms.

Masker Tomat dan Putih Telur
​​​​​​

Selain susu, bahan alami lainnya yang dikenal mampu mencerahkan kulit yakni putih telur. Moms bisa mencampurkan putih telur dengan masker tomat. Campurkan tomat yang sudah dihaluskan dengan putih telur. Gunakan masker pada wajah yang sudah dibersihkan ya, Moms. Sebaiknya terapkan masker tomat dan putih telur ini sebelum tidur minimal dua minggu sekali untuk merasakan hasilnya.