Perhatikan Usia Bayi

Bayi dengan usia di bawah 2 minggu sebaiknya tidak diajak bepergian dengan menggunakan pesawat terlebih dahulu. Karena dengan usia kurang dari 2 minggu, bayi belum bisa menyesuaikan diri dengan lingkungan sekitar. Sebaiknya Moms membawa bayi naik pesawat pada usia 3 bulan ke atas. Pada usia tersebut, perkembangan bayi sudah maksimal, sehingga kondisi si kecil optimal ketika menghadapi stres semacam hawa dingin maupun berbagai perubahan lainnya.

source: https://dedaunan.com/

Pilih Jam Terbang

Pilih jam terbang yang nyaman untuk si kecil, Moms. Malam hari untuk penerbangan panjang dan jam tidur siang untuk penerbangan pendek. Cermat memilih jam terbang akan membuat si kecil lebih tenang dan nyaman selama di dalam pesawat.
source: https://www.tiket2.com/
baca juga

Gendong Bayi

Jika si kecil rewel selama perjalanan dalam pesawat, coba Moms gendong si kecil dalam posisi berdiri menghadap ke belakang, tepuk-tepuk punggung si kecil untuk meredakan rewelnya. 

source: https://www.popmama.com/

Menyusui Bayi

Ketika pesawat lepas landas, mendarat, dan terjadi perubahan tekanan udara yang bisa menjadikan telinga sakit, segera susui bayi. Susui bayi sampai pesawat mencapai ketinggian yang stabil. Aktivitas menyusu sangat berguna menyeimbangkan tekanan dalam telinga.

source: https://review.bukalapak.com/

Jika Moms ingin menyusui bayi dengan nyaman, coba minta izin kepada awak kabin agar diperbolehkan duduk sementara pada deretan sepi penumpang untuk menyusui. Dengan begitu moms dan bayi juga akan merasa nyaman pada saat menyusu. Biarkan bayi tertidur sambil menyusu, Moms. Karena Moms akan lebih merasa tenang karena Si Kecil tidur nyenyak di pesawat.

baca juga

Nah Moms, itu tadi tips membawa bayi naik pesawat agar tidak sampai mengganggu penumpang lain, ya. Semoga bermanfaat, Moms.