Mencuci Piring
​​​​​​

Mencuci piring, sudah pasti jadi pekerjaan yang hampir setiap hari dilakukan di rumah ya, Moms karena akan selalu ada piring kotor yang tersisa sehabis makan. Mencuci piring yang kelihatannya sangat ringan ini saja ternyata dapat membakar kalori sebanyak 160 kalori per 30 menit loh. Belum lagi jika ditambah saat Moms bolak-balik menaruh piring atau gelas bersih ke tempatnya, aktivitas tersebut bisa membakar sekitar 100 - 150 kalori, Moms.

Bahkan, mencuci piring yang dilakukan setiap malam selama 15 menit, mampu membakar 560 kalori hanya dalam waktu seminggu. Hal itu juga setara dengan berenang dengan jarak 2.500 meter. Bikin cuci piring semakin semangat deh kalau begini ya, Moms.

Menyapu dan Mengepel Lantai
​​​​​​

Menyapu dan mengepel lantai sepertinya sudah menjadi satu kesatuan deh Moms. Setelah menyapu, tak lengkap rasanya kalau tidak dilanjutkan dengan mengepel lantai sekalian. Membersihkan lantai rumah dengan menyapu yang dilakukan selama 30 menit saja sudah bisa membakar 136 kalori.

Kemudian dilanjutkan dengan mengepel yang dapat membakar 400 kalori setiap 60 menit. Apalagi jika Moms memiliki rumah yang cukup luas bahkan tingkat dua, bayangkan saja berapa banyak kalori yang bisa dibakar sembari bersih-bersih rumah nih, Moms. Semakin banyak ya.

baca juga

Mengelap Jendela
​​​​​​

Pekerjaan rumah tangga yang ringan lainnya seperti mengelap jendela, kaca-kaca dan furnitur yang ada di rumah agar terbebas dari debu dan kotoran juga dapat membakar sebanyak 167 kalori per 30 menitnya nih, Moms.

Mencuci Baju

Daripada harus pergi ke tempat laundry mending Moms coba cuci baju sendiri saja deh jika masih banyak waktu yang tersisa di rumah. Pekerjaan rumah tangga satu ini juga dijamin dapat membakar kalori Moms. Mulai dari mencuci, menjemur hingga melipat baju, kalori yang dimusnahkan setidaknya sekitar 280 kalori. Apalagi jika jumlah cucian di rumah cukup banyak, maka kalori yang bisa dibakar pun akan bertambah.

Terutama jika Moms ingin memaksimalkan pembakaran kalori melalui aktivitas sehari-hari seperti mencuci baju, ada baiknya untuk mencoba menggantikan peran mesin cuci dengan tangan misalnya seminggu sekali. Meskipun melelahkan, mencuci baju dengan tangan akan membakar jauh lebih banyak kalori secara efektif. Di samping itu, mengucek dan memeras baju juga dapat melatih otot tangan, Moms.

baca juga

Menyetrika Pakaian
​​​​​​

Menyetrika sendiri baju yang telah dicuci dapat membakar kalori sebanyak 100 - 140 kalori setiap satu jam, Moms. Belum lagi jika pakaian yang disetrika berada dalam jumlah banyak sehingga membutuhkan waktu yang lebih lama untuk menyelesaikannya.

Menyetrika sambil berdiri dalam waktu lama juga dapat melatih otot tangan dan kaki sekaligus loh, Moms. 

Membersihkan Kamar Mandi
​​​​​​

Membersihkan kamar mandi dengan menggosok bagian-bagian tertentu agar tampak bersih selama 15 menit saja dapat membakar kalori hingga 100 kalori. Pekerjaan rumah ini pun setara dengan 30 kali lompat jongkok, Moms. Lengan juga akan lebih kencang jika digunakan untuk bekerja.

Menata Ulang Rumah

Melakukan dekorasi, menata ulang ataupun membereskan bagian tertentu di dalam rumah seperti kamar tidur maupun ruang keluarga dapat membakar kalori sebanyak 167 kalori per 30 menit, Moms. Bukan hanya itu saja, mengangkat maupun memindahkan barang dalam 15 menit juga mampu membakar 100 kalori bahkan lebih.