Putih Telur untuk Masker Wajah

Membuat kue memang membutuhkan telur, tapi hanya kuningnya yang sering terpakai dan akhirnya putih telur menumpuk tanpa tahu ingin dijadikan apa. Nah, untuk Moms yang mengalami dilema seperti ini sebenarnya enggak perlu khawatir sebab putih telur sisa pembuatan kue ini dapat dimanfaat bukan hanya sebagai bahan makanan, tapi juga untuk masker lho.

Menggunakan putih telur untuk masker wajah akan memberikan beberapan manfaat pada kulit seperti melancarkan sirkulasi darah, mengencangkan kulit menghilangkan kerutan, mengecilkan pori-pori dan menghilakan minyak berlebih pada wajah.

Cara membuat masker wajah sangatlah simple. Langkah pertama, pisahkan kuning telur dan putih telur. Setelah dipisahkan Moms hanya perlu mengaplikasikan putih telur pada wajah yang sudah dibersihkan.

Aplikasikan putih telur pada wajah menggunakan kapas agar lebih higienis. Kemudian diamkan masker selama 10-15 menit lalu tinggal bersihkan menggunakan air bersih bersuhu normal. Setelah bersih rasakan wajah yang kencang dan terasa segar.

Bukan hanya dapat digunakan sebagai masker wajah saja lho Moms, putih telur bisa dimanfaatkan untuk masker rambut. Dengan campuran putih telur dan pisang dipercaya rambut jadi halus dan indah. Selain itu, potasium pada pisang juga bisa membantu menguatkan kulit kepala dan mempercepat pertumbuhan rambut.

Cara membuat masker rambut ini cukup sederhana. Moms hanya perlu menghaluskan pisang hingga berbentuk seperti pasta. Kemudian kocok putih telur dan campurkan dengan pasta pisang, berikan sedikit minyak zaitun. Tinggal oleskan secara merata pada rambut dan biarkan selama 15-20 menit, barulah kemudian bilas dengan air lanjut pakai sampo ya Moms agar makin bersih.

Selain untuk masker kecantikan, cara memanfaatkan sisa putih telur yang lain bisa dengan menjadikannya menyebuhkan luka lho Moms. Putih telur untuk mengatasi luka bakar sudah terbukti ampuh. Hal ini tak lepas dari kandungan protein dan sumber mikronutrein yang dapat membantu menghilangkan bekas luka dengan cepat.

Cara penggunaannya cukup dengan mengoleskan putih telur pada bagian kulit yang mengalami luka bakar. Agar aroma bau amis dari telur tidak terlalu tercium Moms bisa menambahkan 1 sendok air perasan jeruk nipis tau lemon ya. Setelah diolehkan merata cukup diamkan selama 60 menit, hingga kulit mengeras. Lanjutnya bilas dengan air biasa hingga bersih. Bila diperlukan Moms bisa mengulangan penggunakan putih telur pada luka agar bekasnya benar-benar hilang.

Nah, itu tadi beberapa cara memanfaatkan sisa putih telur yang bisa Moms coba ya. Jadi  jangan khawatir lagi mau diapakan atau dikemanakan sisa putih telur yang enggak kepakai ya Moms. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.